Pjs Wali Kota Medan Ikuti Upacara Ziarah Nasional Secara Virtual

Medan,DP News                     

Pjs Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT mengikuti Upacara Ziarah Nasional secara virtual di Pendopo Rumah Dinas Gubsu Jalan Jenderal Sudirman No.41, Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Selasa (10/11) pagi. Upacara yang juga diikuti Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin dan Panglima Kodam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Irwansyah serta unsur Forkopimda Sumatera Utara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Bertindak sebagai inspektur upacara Presiden Joko Widodo. Upacara yang digelar secara virtual di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta Selatan tersebut berlangsung dengan lancar dan khidmat serta menerapkan protokol kesehatan. Tepat pukul 08:00 Upacara Ziarah Nasional Makam Pahlawan dimulai. Dalam rangkaian Upacara Ziarah Nasional Makam Pahlawan ini diawali dengan mengenang pertempuran 10 November di Surabaya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta serta peletakan karangan bunga oleh Presiden Joko Widodo. Selanjutnya di akhir dengan mendoakan arwah pahlawan.

Presiden Joko Widodo, dalam kesempatan tersebut, memberikan gelar anugerah Pahlawan Nasional kepada Sutan Mohammad Amin Nasution yang merupakan tokoh pergerakan pemuda sekaligus sebagai Gubernur Sumatera Utara yang pertama periode 18 Juli 1948 – 1 Desember 1948. Selanjutnya, Gubsu melakukan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang diberikan kepada Sutan Mohammad Amin Nasution.

Usai mengikuti upacara tersebut, Pjs Wali Kota Medan mengatakan bahwa setiap tanggal 10 November, mengingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November yang terjadi di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebutkan kemerdekaan Indonesia. ”Peristiwa tersebut mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri, perjuangan tersebut harus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia," ucap Pjs Wali Kota Medan.

Dalam kesempatan tersebut, Pjs Wali Kota Medan mengucapkan, sebagai rakyat Sumatera Utara harus bangga dengan diberikannya gelar Pahlawan Nasional kepada Sutan Mohammad Amin Nasution. “Saya ucapkan selamat atas diberikannya gelar Pahlawan Nasional kepada Sutan Mohammad Amin Nasution. Sebagai rakyat Sumatera Utara kita harus bangga dengan jasa para pahlawan kita, dan saya harap kepada generasi muda dapat mengikuti jejaknya para pahlawan kita untuk kemajuan Sumatera Utara dan Indonesia yang kita cintai ini,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya Gubsu menyampaikan sudah ada 11 orang yang menjadi pahlawan nasional asal Sumut. SM Amin Nasution ini merupakan orang ke-12 asal Sumut yang menjadi pahlawan nasional. "Saat ini Sumatera Utara ada 11 pahlawan nasional yang pada pagi ini dianugerahkan oleh Presiden bertambah menjadi 12 pahlawan nasional untuk khususnya dari asal dari Sumatera Utara,” kata Edy.

Oleh karenanya, Gubsu berharap dengan diberikannya gelar Pahlawan Nasional ini dapat menjadikan kebanggan bagi rakyat Sumut karena bangsa yang besar adalah bangsa yg menghormati pahlawannya. "Pagi ini kita syukuran dan doa kita bersama khususnya kepada para pahlawan dan generasi seterusnya agar mampu menjalankan amanah dari pendahulu kita. Mari kita berdoa untuk jasa para pahlawan yang mendahului kita,"ucap Gubsu.(hot/Rd)