Sosialisasi Pembinaan Kelompok Lingkungan Bersih dan Sehat di Kampung Nelayan Indah

 

Medan,DP News                     

Lingkungan bersih dan sehat dapat dilihat dari sarana air bersih, kesadaran penduduk untuk menggunakan jamban sehat, pengelolaan sampah rumah tangga yang baik dan benar, pemanfaatan halaman rumah, dan kegiatan gotong royong yang dilaksanakan secara berkala seluruh kegiatan tersebut merupakan upaya menjadikan keluarga Kota Medan sebagai keluarga yang sehat.

Demikian disampaikan Pjs Ketua TP PKK Kota Medan Dian Rumondang Arief S Trinugroho saat memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kelompok Lingkungan Bersih dan Sehat Bagi Kader PKK Kelurahan Se Kecamatan Medan Labuhan yang berpusat di Aula Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan, Kamis (5/11) pagi.

"Harapan saya dengan adanya sosialisasi ini para peserta dapat menerapkan hasilnya terutama di dalam keluarga, lingkungan serta masyarakat lainnya, apabila hal ini dapat kita terapkan tentu secara umum kita masyarakat Kota Medan akan menjadi sehat. Budaya ini yang harus kita tularkan kepada seluruh masyarakat melalui kader-kader PKK yang menjadi agen perubahan," ungkap Pjs Ketua TP PKK Kota Medan.

Menciptakan lingkungan serta keluarga yang bersih dan sehat ini, sambung Pjs Ketua TP PKK Kota Medan, juga erat kaitannya dengan kondisi di masa pandemi saat ini. Untuk itu, Pjs Ketua TP PKK Kota Medan berharap, untuk mencegah pandemi Covid 19 tersebut perlunya menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan cara melakukan cuci tangan dengan air mengalir dengan menggunakan sabun, melakukan pengaturan jarak (physical distancing dan memakai masker setiap kegiatan.

"Saya kembali mengingatkan kepada kita semua untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai Adaptasi Kebiasaan Baru di masa pandemi Covid 19 saat ini. Dengan menerapkan 3 indikator yang saya sebutkan diatas, hal ini salah satu upaya kita untuk mencegah tertularnya Covid 19 di Kota Medan," imbaunya.

Pada kesempatan tersebut, Pjs Ketua TP PKK Kota Medan bersama TP PKK Kota Medan juga melakukan kegiatan gebrak masker kepada para kader PKK dengan cara membagikan masker kepada para peserta kegiatan sosialisasi Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) bagi kader PKK se Kecamatan Medan Labuhan Tahun 2020.

"Tentu pembagian masker yang diberikan hari ini belum mencukupi namun melalui kegiatan gebrak masker ini adalah merupakan salah satu motivasi agar kita selalu tetap menggunakan masker," jelasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan Ny Ismiralda Wirya Al-rahman, Kadis DP3APM Kota Medan Khairunnisa, Sekcam Medan Labuhan Indra, Ketua TP PKK Kecamatan Medan Labuhan Ny T Irma Rudy Arsandi serta kader PKK kecamatan dan kelurahan.(hot/Rd)