Rabu Pon,Enam Menteri Baru: Tri Rismaharani Mensos,Sandiaga Uno Menparkraf

Jakarta,DP News 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pelantikan enam menteri baru akan dilaksanakan pada Rabu (23/12) besok. Jokowi mengumumkan enam menteri baru bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

"Saya rasa itu. Dan pelantikan akan dilaksanakan besok pagi. Itu yang bisa saya sampaikan, terima kasih," kata Jokowi usai mengumumkan menteri-menteri baru, Selasa (22/12).

Enam menteri baru yang diangkat Jokowi yakni, 

readyviewed Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Ia diangkat sebagai menteri sosial menggantikan Juliari P Batubara yang telah menjadi tersangka korupsi bansos penanganan pandemi Covid-19.Kedua, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Sandi dipercaya menduduki jabatan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif yang sebelumnya dijabat Wishnutama.

Kemudian yang ketiga, Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN. readyviewed Budi dipercaya sebagai menteri kesehatan untuk menggantikan Terawan Agus.

Terakhir, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Muhammad Luthfi. Luthfi diangkat sebagai menteri perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Selanjutnya, Ketua GP Anshor Yaqut Kholil Kaumas. Ia diangkat sebagai menteri agama untuk menggantikan Fachrul Razi. Kelima, Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono yang ditunjuk sebagai menteri kelautan dan perikanan yang telah kosong selama kurang lebih satu bulan setelah Edhy Prabowo terlibat korupsi impor benur.(

Sebelumya isu perombakan Kabinet Indonesia Maju mulai berhembus di tengah masyarakat sepekan terakhir. Isu reshuffle kabinet itu sempat dilontarkan salah oleh Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid.

Jazilul mengatakan, kemungkinan besar Joko Widodo bakal merombak komposisi kabinet pada 23 Desember mendatang. Atau pada Rabu Pon, berdasarkan penanggalan Jawa. Ia mengatakan, prediksi itu berdasarkan kebiasaan Jokowi melakukan reshuffle kabinet di waktu-waktu sebelumnya.

Terdapat beberapa kursi kementerian yang masih lowong saat ini usai 2 menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK.

Kursi yang masih lowong itu adalah Menteri Kelautan dan Perikanan dan Menteri Sosial. Kedua jabatan menteri di Kementerian tersebut hanya diisi oleh Menteri yang berstatus Ad Interim.

Rabu Pon

Ia mengatakan, kemungkinan besar Presiden Joko Widodo bakal merombak komposisi kabinet pada Rabu Pon, berdasarkan penanggalan Jawa, atau 23 Desember mendatang. Jazilul mengatakan, prediksi itu berdasarkan kebiasaan Jokowi melakukan reshuffle kabinet di waktu-waktu sebelumnya.

"Insyaallah, itu perkiraan saya dari kebiasaan yang sudah-sudah," kata Jazilul saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Rabu (16/12) lalu.(cnnindonesia/rd)