DPRD Samosir Cari Masukan Peran Puskesmas Dukung Sektor Pariwisata Karo

Samosir,DP News

Pimpinan dan Komisi I DPRD Samosir  konsultasi dan koordinasi dalam rangka penanganan dan peningkatan pelayanan Puskesmas untuk mendukung pariwisata ke Dinas Kesehatan Karo ,Kamis,14/1). 

Konsultasi diterima Sekretaris Dinas Kesehatan Karo Nikodemus Ginting, SKM. Pimpinan DPRD Samosir menyampaikan terimakasih atas penyambutannya sekaligus menyampaikan maksud dan tujuan konsultasi. 

Kita ingin mengetahui kebijakan atau program yg direncanakan Dinas Kesehatan Karo dalam meningkatkan pelayanan di Puskesmas untuk mendukung sektor pariwisata, selain itu ditambahkan bagaimana koordinasi lintas bidang khususnya kesehatan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan di destinasi-destinasi pariwisata, ujar pimpinan DPRD Samosir.

Sekretaris Dinas Kesehatan Karo menyampaikan bahwa kebijakan yang dibuat untuk peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas untuk mendukung pariwisata masih berpatokan kepada prosedur Protokol Kesehatan(Prokes) sebagaimana ditetapkan pemerintah pusat. Jadi peran pelayanan kesehatan tidak selama pandemi khususnya di tempat-tempat wisata dilakukan secara tim artinya koordinasi atau sinergi lintas sektor. 

Kita berupaya semaksimal mungkin mencegah adanya kluster baru pandemi di lokasi wisata, katanya. 

Koordinasi dan konsultasi berjalam dengan baik dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan. ( ML/ red)