Gempa Guncang Mamuju,Sejumlah Bangunan Rusak Berat,BMKG: Jauhi Pantai

Jakarta,DP News

Gempa dengan magnitudo 6,2 mengguncang Majene hingga Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (15/1).Dikutip dari CNNIndonesia  gempa membuat warga panik dan sejumlah bangunan rusak berat.

Gempa yang terasa kuat oleh warga setempat turut meruntuhkan sejumlah bangunan di Majene hingga Mamuju, Sulbar. Petugas BPBD Sulbar masih mendata jumlah kerusakan dan korban akibat gempa tersebut. (AP Photo/Rudy Akdyaksyah

"Kami imbau masyarakat terdampak tidak hanya menjauhi bangunan rentan, tapi juga masyarakat di pantai dan merasakan guncangan gempa lagi, segera menjauhi pantai," kata Dwikorita dalam keterangan pers yang disampaikan secara virtual, Jumat (15/1).

Tidak perlu tunggu peringatan dini tsunami, karena kejadian tsunaminya bisa sangat cepat," imbuhnya.

Dikutip dari CNNIndonesia,Dwikorita mengatakan jika gempa kembali terjadi di Majene, hal itu merupakan peringatan dini. Masyarakat diminta untuk mengevakuasi diri dari pantai dan menuju lokasi yang lebih tinggi.

Dwikorita menjelaskan, masih ada potensi gempa susulan berikutnya dengan magnitude 6,2. Terlebih, pusat gempa terjadi di pantai dan memungkinkan terjadinya longsor bawah laut. Hal ini yang menyebabkan munculnya potensi tsunami di Majene.

Lebih lanjut, Dwikorita menyatakan bahwa masyarakat juga diminta untuk mengantisipasi gerakan di patahan lain yang dipicu patahan saat ini."Sehingga masih atau dapat pula berpotensi terjadi tsunami jika masih ada gempa susulan berikutnya dengan pusat gempa di pantai atau di laut," tuturnya.

"Untuk mengantisipasi sewaktu-waktu terjadi lagi gempa susulan atau gempa akibat patahan lain. Kami ingatkan lagi di pantai waspada, sehingga kalau ada goyangan gempa langsung saja mencari tempat tinggi," ujarnya.(CNNIndonesia/rd)