Besok Samosir Punya Bupati Baru : Vandiko-Martua Bersama 7 Bupati/Walikota Dilantik Gubsu di Medan

Medan,DP News

Sebanyak 7 pasangan kepala daerah di Sumatera Utara hasil Pilkada serentak tahun 2020, akan diambil sumpahnya dan dilantik Gubernur Sumut Edy Rahmayadi,Senin (26/04) diantaranya,Bupati Samosir dan Wakil Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom-Martua Sitanggang.(foto).

Dengan demikian,Samosir besok sudah memiliki bupati/wakil bupati baru periode 2921-2024.Pelantikan sempat tertunda karena gugatan di MK sehingga Samosir terpaksa dua kali dipimpin Penjabat Bupati dan Plh Bupati.

Para bupati dan walikota sudah mengikuti gladi resik di rumah dinas gubernur Jalan Sudirman, Minggu siang.

Sementara itu informasi dari Samosir,persiapan biasa biasa saja karena acara hanya bisa disaksikan lewat live streaming.

Kadis Infokom Samosir Rohani Bakara yang dikonfirmasi wartawan DP News, Minggu mengatakan acara pelantikan hanya bisa disaksikan secara virtual.

Adapun pelantikan 7 kepala daerah gelombang II itu, yakni  Samosir, Simalungun, Karo, Gunungsitoli, Nias Selatan, Nias Barat dan Nias Utara.

Bersamaan dengan itu, juga dilantik Wakil Wali Kota Binjai Amir Hamzah menjadi wali kota defenitif. Amir Hamzah menjadi wali kota karena wali kota terpilih, Juliadi, meninggal dunia sebelum dilantik

Pelantikan yang berlangsung secara offline (tatap muka) dengan peserta terbatas itu, akan berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan.

"Senin ini ada 8 kepala daerah dilantik oleh gubernur atas nama Mendagri pukul 10 pagi," ujar Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga, di Medan, Sabtu (24/4) sebagaimana dikutip dari Medan bisnis daily.com.

Adapun pelantikan itu, kata Rasyid, juga direncanakan disiarkan lewat channel youtube "info sumut". Sehingga para tokoh lainnya yang tidak diundang maupun masyarakat, bisa menyaksikan jalannya prosesi pelantikan.

"Undangan memang terbatas, hanya Forkopimda, karena kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Rasyid, seraya mengatakan 8 pasangan kepala daerah akan menjalani gladi resik pada hari Minggu (25/04) siang.

Dan berikut 8 pasangan kepala daerah yang akan dilantik:

1. Samosir: Bupati Vandiko Timotius Gultom dan Wakil Bupati Martua Sitanggang.

2. Simalungun: Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldi.

3. Karo: Bupati Cory Sriwaty Sebayang dan Wakil Bupati Theopilus Ginting

4. Gunungsitoli: Wali Kota Lakhomizaro Zebua dan Wakil Wali Kota Sowa'a Laoli.

5. Nias Selatan: Bupati Hilarius Duha dan Wakil Bupati Firman Giawa

6. Nias Barat:  Bupati Khenoki Waruwu dan Wakil Bupati Era-era Hia

7. Nias Utara: Bupati Amizaro Waruwu dan Wakil Bupati Usman Zega

8. Binjai: Wali Kota Amir Hamzah

Sebelumnya Gubernur Edy Rahmayadi telah melantik 11 kepala daerah pada Gelombang I, Jumat (26/02), yakni bupati/wali kota Medan, Binjai, Sibolga, Tanjungbalai, Asahan, Tapanuli Selatan, Serdang Bedagai, Labuhan Batu Utara, Humbang Hasundutan, Toba, dan Pakpak Bharat.(rd)