Nias Barat Diguncang Gempa 7,2: Warga Berhamburan Keluar Rumah....

 

Info Gempa Mag:5.2, 14-Mei-21 14:16:04 WIB, Lok:0.21 LU,96.58 BT (129 km BaratDaya NIASBARAT-SUMUT), Kedlmn:10 Km ::BMKG

Jakarta,DP News

Gempa bermagnitudo 7,2 terjadi di Nias, Sumatera Utara (Sumut). Guncangan terasa kuat dan warga berhamburan keluar rumah.

"Terasa kuat tadi. Sempat kami keluar rumah," kata salah satu warga di Kabupaten Nias, Marlan, Jumat (14/5).

Dia mengatakan getaran gempa terasa sekitar 30 detik. Marlan mengatakan tak ada kerusakan akibat gempa di sekitar lingkungan rumahnya.

"Sekitar 30 detik tadi terasa gempanya," ujar Marlan.

Dikutip dari detik.com,Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Nias Barat, Hiramo, melaporkan guncangan gempa membuat masyarakat panik dan keluar rumah.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Nias Barat saat ini sedang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi dan pihak terkait. Belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerugian materil.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya melaporkan gempa bumi magnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara. Gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Selain itu, gempa juga dirasakan hingga Aceh.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG di Twitter, Jumat (14/5).

Belum ada informasi mengenai dampak gempa tersebut. BMKG meminta masyarakat untuk waspada gempa susulan.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG.

Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 13.33 WIB. Titik koordinat gempa 0.10 LU (Lintang Utara) dan 96.53 BT (Bujur Timur) dengan kedalaman 19 Km.

"Lokasi gempa 141 km Barat Daya Nias Barat, Sumut," tulis BMKG.

Lagi......

Gempa bumi kembali mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara. Gempa kali ini bermagnitudo (M) 5,2.

BMKG melaporkan gempa kedua ini terjadi pada pukul 14.16 WIB.

Gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami."129 km Barat Daya Nias Barat-Sumut," tulis BMKG melalui akun Twitternya, Jumat (14/5).

Titik koordinat gempa ini adalah 0,21 Lintang Utara dan 96,58 Bujur Timur, dengan kedalaman gempa 10 km.Sebelumnya, gempa M 7,2 juga mengguncang Nias Barat. Gempa terjadi pada koordinat 0,10 Lintang Utara dan 96,53 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 19 km.
Gempa itu berpusat di 141 km barat daya Nias Barat, Sumatera Utara. 

BMKG melaporkan gempa terjadi pada pukul 13.33 WIB.Gempa ini turut dirasakan di sejumlah daerah di Sumatera. Gempa terasa di sejumlah wilayah dalam skala MMI atau (Modified Mercalli Intensity).

"Wilayah dirasakan skala MMI III-IV Gunung Sitoli, III-IV Kabupaten Nias, III-IV Nias Barat, III-IV Nias selatan, III Banda Aceh, II Aceh Tengah, II AekGodang," tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam situs resmi mereka, Jumat (14/5).Akibat gempa ini, warga di Kabupaten Nias berhamburan ke luar rumah.(detik.com/rd)