Pilpres 2024: Peluang Gerindra dan PDI P Berkoalisi..

Jakarta,DP News

Pilpres 2024 masih lama namun sudah mulai hangat diperbincangkan.Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan partainya bisa saja berkoalisi dengan PDIP pada Pilpres 2024.

Menurut Muzani koalisi ini mungkin terjadi lantaran hubungan baik antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sejak beliau (Prabowo) belum ditetapkan sebagai Menteri Pertahanan dan sampai sekarang hubungan itu baik, tidak ada masalah, dan itu menjadi sebuah kemungkinan adanya peluang untuk dimungkinkannya Pak Prabowo maju bersama PDIP," kata Muzani di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (27/5).

Kendati begitu, Muzani mengatakan bahwa saat ini belum ada pembicaraan resmi mengenai koalisi Gerindra-PDIP di Pilpres 2024.

Ia juga tak merinci posisi yang akan diambil Prabowo bila maju bersama PDIP di Pilpres 2024. Hanya saja, Muzani menegaskan bahwa sejauh ini Gerindra masih menginginkan Prabowo menjadi calon presiden pada 2024.

Sikap politik tersebut salah satunya diambil berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei yang menyatakan bahwa elektabilitas Prabowo cukup tinggi.

Namun demikian, menurut Muzani, Prabowo meminta para kader untuk tidak terburu-buru berbicara mengenai Pemilu 2024. Menurutnya, Prabowo ingin menyelesaikan kerjanya sebagai Menteri Pertahanan.

"Pak Prabowo mengatakan 'beri kesempatan saya untuk mengabdi, untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan Presiden sebagai Menteri Pertahanan'," ujar Muzani menirukan ucapan Prabowo.

"Kemudian pada waktunya akan menjawab apa yang diminta seluruh kader," lanjutnya.

(CNNIndonesia/rd)