Shalat Gerhana Bulan di Mesjid Agung Medan Khusyuk


Medan,DP News

Kaum muslimin dan uslimat Medan dan sekitarnya melaksanakan Shalat Gerhana Bulan di Masjid Agung Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (26/5) malam secara khusyuk mengharap berkah dan ridho Allah SWT.

Shalat sunat berjamaah dua rakat dengan empat rukuk dan empat bacaan Al Fatihah dan Surah Al Quran ini dengan Imam Al Ustadz Al Hafidz H M Syukur Siregar (Imam Besar Masjid Agung Medan) dan Khatib Dr H Syukri Albany (Sekretaris Majelis Ulama Indonesia - MUI Medan).

Sejumlah fungsionaris Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Agung Medan tampak ikut Shalat Gerhana Bulan usai Shalat Isya Berjamaah ini antara lain H Yuslin Siregar, H Donald Sidabalok, H Hendra DS yang.juga anggota DPRD Medan, H Abdullah Matondang, H Syofyan Yahya, H Hamdani Syahputra SSos (Ketua Taekwondo Indonesia Medan) dan lainnya. 

Shalat gerhana bulan berlangsung dengan khusyuk dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.Para jemaah tetap memakai masker dan memakai sajadah saat mengikuti Shalat Gerhana Bulan.

Khatib Dr H Syukri Albany mengatakan Shalat Gerhana Bulan diselenggarakan untuk mengajak jemaah Masjid Agung dan masyarakat Muslim untuk mengikuti anjuran Rasulullah SAW serta memohon ampun dan berserah diri kepada Allah SWT pada momentum kekuasaan dan tanda kebesaran Allah SWT yaitu gerhana bulan.

Khatib memaparkan beberapa riwayat sejak penciptaan Nabi Adam AS bahwa kekuasaan Allah SWT di alam semesta ini adalah mutlak dan setiap momentum kekuasaan Allah hendaklah umat introspeksi diri dan meminta ampun karena umat manusia tidak terlepas dari dosa. Mari berintrospeksi diri. Intinya setiap kesalahan atau dosa umat manusia bukan setan yang menzalimi diri kita tapi kitalah yang menzalimi diri sendiri.

Sembari minta ampun beristighfar ujarnya momentum ini kita perbanyak doa agar Allah SWT melepaskan umat manusia dari musibah termasuk berdoa agar kita terbebas dari pandemi Covid 19 dan wabah ini Insya Allah segera berlalu.

Menurutnya, Rasulullah SAW menganjurkan apabila melihat gerhana bulan atau gerhana matahari, umat Muslim diminta Shalat dan bersedekah.

Selain itu, umat muslim juga dianjurkan memperbanyak membaca zikir dan tasbih serta meminta ampun kepada Allah SWT agar diberi keselamatan.

"Kami juga memohon kepada Allah SWT agar segera mengangkat wabah pandemi Covid-19 dari Sumatera Utata khususnya dan Indonesia pada umumnya," katanya.(rel/rd)


.