400 Rumah BSPS di Samosir: Wabup Serahkan Buku Tabungan....

Samosir,DP News

Buku Tabungan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk Kabupaten Samosir diserahkan langsung kepada masyarakat pengguna oleh Wakil Bupati Samosir di Aula Kantor Bupati Samosir,Kamis (03/06).

Turut hadir mewakili Kepala Balai Perumahan Sumut II, Bramantio, PPK Perumahan Swadaya, Jahoras Naibaho, Tenaga Ahli DPR RI mewakili Jhonny Allen Marbun, Roy Simanjuntak, Kadis PERAKPP Samosir, HUT Isasar Simbolon, Kepala Cabang Bank Mandiri Pangururan, Andika Sitompul dan Masyarakat penerima.

Untuk Tahun 2021, Kabupaten Samosir mendapat kuota 400 unit. Sebanyak 335 unit akan diserahkan langsung dan 65 unit menunggu tahap verifikasi, dan saat ini diserahkan kepada 125 penerima manfaat dari Kecamatan Pangururan dan Sitio tio. Jumlah Bantuan sebesar Rp20 juta, dengan rincian Rp 17.500.000 untuk bahan material dan Rp 2.500.000 untuk upah tukang. Penyaluran bantuan juga bekerjasama dengan Bank Mandiri Cabang Pangururan. Demikian dikatakan Kadis PERAKPP Kabupaten Samosir, Hut Isasar Simbolon.

Wakil Bupati Samosir, mengapresiasi program dan perhatian Jhonny Allen ke Kabupaten Samosir. Selain BSPS, Wabup menjelaskan banyak program  yang digulirkan Jhonny Allen Marbun termasuk perbaikan irigasi, dan program kotaku dan lainnya.

Untuk itu, Wabup berharap masyarakat penerima manfaat dapat menggunakan bantuan sebaik-baiknya dan tepat waktu, sehingga tercipta hunian yang layak sebagaimana diamanatkan UUD 1945.

Sebagai kepala daerah Wabup Samosir Martua Sitanggang mengatakan akan tetap komit untuk mensejahterakan dan membantu masyarakat demi peningkatan ekonomi.

Di akhir arahannya, Martua Sitanggang mengajak masyarakat mendukung program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat. Membuat ide dan karya nyata demi Kabupaten Samosir.

Tenaga Ahli Jhonny Allen Marbun di DPR RI mengatakan bahwa Jhonny Allen Marbun sebagai Anggota komisi V DPR  RI telah mengusung 2300 unit bedah rumah di Samosir sejak 2018. Hal ini merupakan niat Jhonny Allen untuk Menuntaskan Rumah tidak layak huni di Kabupaten Samosir.

Kepala Balai Perumahan Sumut II, Bramantio mengatakan pada dasarnya BSPS untuk perbaikan fisik yang didukung dana swadaya pengguna. Sehingga rumah layak untuk dihuni. Masyarakat berhak menolak material jika kwalitas kurang baik. Dalam hal ini diminta agar masyarakat pengguna benar-benar mengawasi tahap pembangunan.

PPK atau penanggung jawab pelaksanaan program BSPS Jahoras Naibaho, menekankan agar bantuan dimanfaatkan dengan baik. Diharapkan pertengahan Juli selesai. BSPS pada prinsipnya merupakan rumah layak huni, yang tahan, bersih, dan memakai pondasi. Program ini juga bebas pungli, tambah Jahoras.

Berikut daftar desa penerima bantuan; Kecamatan Pangururan, Desa Lumban Suhu Dolok 65 unit, Pardomuan I 24 unit dan Riantiate 22 unit. Kecamatan Sitio tio, Desa Cinta Maju 26 unit, Parsaoran 25 unit. Kecamatan Palipi, Desa Parsaoran Urat 30 unit, Sideak 30 unit. Kecamatan Dolok Raja 74 unit, Hariara Pohan 30. Kecamatan Harian, Desa Partukko Naginjang 50 unit dan Turpuk Limbong 24 unit. ( ml-heli/red)