Diduga Bermasalah: Pengadaan Ternak Lembu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Asahan Rp 1 M

Asahan,DP News

Pengadaan ternak lembu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan  TA 2019 sebesar Rp 1 M diduga bermasalah. Terkuaknya persoalan bantuan ternak lembu tersebut atas keterangan serta pengakuan dari anggota Kelompok Ternak Suka Maju, Jumiran warga Dusun III Desa Sei Kamah I ketika ditanyai,Rabu (30/6).

Jumiran menyebut, saat itu bantuan ternak lembu yang diserahkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kepada Kelompok Ternak Suka Maju, lembunya kurus-kurus dan kurang makan. Lagi pula bantuan ternak lembu yang kami terima itu ada 10 ekor dan semuanya betina,ucap Jumiran. 

"Saat itu bantuan ternak lembu yang diserahkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kepada Kelompok Ternak Suka Maju, lembunya kurus-kurus dan kurang makan. Lagi pula bantuan ternak lembu yang kami terima itu ada 10 ekor dan semuanya betina", kata Jumiran.

Lebih lanjut Jumiran mengatakan 1 kelompok terdiri dari 20 orang dan sekarang lembunya sudah dibagi kepada anggota. Di kandang saya ada 4 ekor dan sisanya diserahkan kepada anggota lainnya, katanya.

Di tempat terpisah, Saridi warga Dusun III Desa Pasiran yang merupakan anggota Kelompok Ternak Pelita mengatakan, ternak lembu yang diserahkan Dinas Peternakan kepada kelompoknya ada 10 ekor. Saat diserahkan kondisi lembunya ketika itu masih muda dan sekarang lembunya tinggal 7 ekor. 

Sementara yang 3 ekor lagi sudah mati akibat terkena penyakit. Persoalan ini  sudah kita sampaikan ke Dinas Perternakan. Saya disini hanya sebagai anggota dan Ketua Kelompok Pelita adalah pak Kasam, ucapnya.


Kades Sei Kamah I Samsul Bahri,SAg, melalui Sekretaris Desa Misni mengatakan hal yang sama. Memang ada bantuan ternak lembu di desanya. 

Sementara Kepala Desa Pasiran Rindawanto saat dikonfirmasi di halaman Kantor Desa Pasiran mengakui bahwa warga Dusun III Kelompok Ternak Pelita ada menerima bantuan ternak lembu sebanyak 10 ekor. Menurut sepengetahuan saya bantuan ternak lembu itu diserahkan pada Tahun 2019.

"Kelompok Ternak Pelita ada menerima bantuan ternak lembu sebanyak 10 ekor. Menurut sepengetahuan saya bantuan ternak lembu itu diserahkan pada tahun 2019", kata Kades Pasiran.

Setahu saya bantuan ternak lembu tahun 2019 khusunya di Kecamatan Sei Dadap diduga bermasalah dan kabarnya sudah pernah ditangani pihak Kejaksaan Negeri Asahan.

"Pihak Kejaksaan Negeri Asahan pernah datang ke Desa Pasiran untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan. Kedatangan pihak kejaksaan itu mencari tau dimana  keberadaan lembu tersebut." ucapnya.(ZN)