Kelurahan Besar Diharapkan Juara Terbaik Lomba Kelurahan Tingkat Sumut

Medan,DP News

Wali Kota Medan Bobby Nasution berharap Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan dapat meraih juara menjadi kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumut tahun 2021 sehingga nantinya dapat maju kembali mengikuti perlombaan kelurahan terbaik tingkat Nasional. Potensi besar yang ada di Kelurahan Besar ini menjadi pertimbangan Pemko Medan mengusulkan Kelurahan Besar untuk mengikuti lomba Kelurahan terbaik.

"Kelurahan Besar ini kami usulkan karena  adanya potensi dan pertimbangan yang dapat menjadikan contoh bagi kelurahan lainnya di Kota Medan," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika menerima kunjungan Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumut tahun 2021 di depan Kantor Kelurahan Besar, jalan Pancing 1, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (14/6).

Dikatakan Bobby Nasution yang hadir bersama Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution, Kelurahan Besar memiliki banyak potensi, diantaranya dalam menyelenggarakan Pemerintahan sudah memanfaatan teknologi. Tentunya langkah ini sangat baik dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Sebagai Aparatur kita harus dapat menjadi contoh bagi masyarakat dengan berprilaku baik dan disiplin dalam bekerja. Hal ini sangat berguna karena sebelum menegur masyarakat yang menyalahi aturan, Aparaturnya terlebih dahulu menunjukkan sikap dan kinerja yang baik dalam melayani masyarakat baik itu langsung maupun melalui sosial media," kata Bobby Nasution.

Selain itu menurut Bobby Nasution, sebagai perpanjangan tangan Pemko Medan, kelurahan yang ada di kota Medan harus dapat melakukan inovasi yang dapat berguna dan bernilai. Seperti yang dilakukan Kelurahan Besar dengan pemanfaatan enceng gondok yang dapat dijadikan bahan baku disinfektan. Tentunya ini dapat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi.

"Inovasi dan pemanfaatan seperti ini harus terus dilakukan Kelurahan yang ada di Kota Medan. Karena dari sesuatu yang tidak berguna dapat menjadi berguna dan bermanfaat bagi masyarakat," Jelas Wali Kota Medan.

Bobby Nasution menambahkan kedepannya jika Kelurahan Besar dapat menjadi juara tingkat Provinsi Sumut dan kembali mengikuti tingkat Nasional, kita harapkan kreasi dan inovasi yang ada dapat ditingkatkan lagi dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Kecamatan dan Kelurahan dapat terus berkolaborasi dengan masyarakat guna meningkatkan kreasi dan inovasi yang dapat bermanfaat. Selain itu TP PKK juga sangat berperan dalam hal tersebut. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih karena juga berperan dalam mengayomi masyarakat," ujar Wali Kota Medan.

Sementara itu Tim Penilai lomba Desa/Kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumut, yang dipimpin Dr Agus Tri Priyono, Staf Ahli Gubernur Sumut bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan Daerah, menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan penilaian Prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai Kelurahan setiap tahunnya. Selain itu kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi untuk mendorong pembangunan dan pengembangan kelurahan sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian Kelurahan.

"Nantinya hasil ini akan menjadi dasar untuk memformulasikan berbagai program pembangunan di masa yang akan datang. Artinya penilaian ini dilakukan untuk kemajuan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat Kelurahan. Hal ini merupakan prioritas karena komitmen hadirnya Pemerintahan di tengah masyarakat sesuai dengan Nawacita," Jelasnya.

Ditambahkan Agus Tri Priyono, nantinya dalam penilaian Kelurahan Besar diminta dapat menyajikan dan menjelaskan dengan sebaik-baiknya kepada tim terkait dengan potensi yang ada. Hal ini akan menjadi penilaian oleh Tim untuk menentukan Kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumut.

"Kelurahan Besar nantinya diminta dapat menunjukkan Dokumen yang dibutuhkan diantaranya Rencana Pembangunan Menengah, video dokumenter yang menggambarkan potensi kelurahan dan Profil Kelurahan. Dimana profil Kelurahan sangat dibutuhkan dan menjadi prioritas nasional," ujarnya sembari membuka Acara Penilaian Kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumut.

Selanjutnya Pertemuan tersebut diisi dengan Pemaparan tentang Kelurahan Besar yang disampaikan Lurah Tengku Robi Khairi. Kemudian dilanjutkan pemaparan dari Ketua TP PKK Kelurahan Besar, Fadina Azwar Robi Khairi.

Dalam kesempatan tersebut, Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution juga melakukan kunjungan ke Kantor Lurah Besar guna melihat produk-produk hasil UMKM binaan TP PKK Kelurahan Besar. Didampingi Pengurus TP PKK Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu berharap produk ini dapat terus dibina dan dikembangkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.(rd)