Usahawan Muda Binsar Simarmata: Suwarno Si 'Toke Kelapa Parut' Cocok Menjadi Dirut PD Pasar

Medan,DP News

Menjadikan PD Pasar sebagai induk seluruh pasar tradisional di Medan membutuhkan figur yang paham akan dunia pasar dan pedagang tradisional.Para pedagang itu butuh seorang figur bapak yang mampu melindungi dan memberi keleluasaan berdagang dan bukan figur penguasa yang hanya lihai menerapkan peraturan daerah dan menarik retribusi kios.

Hal itu dikatakan usahawan muda Binsar Simarmata,SS,MM menanggapi lelang direksi Perusahaan Daerah(PD) Pemko Medan',Minggu(6/6).

Untuk itulah,Binsar Simarmata minta Tim Seleksi jangan hanya terfokus pada 'nilai kepintaran' tetapi pertimbangkan sisi pemahaman terhadap pedagang yang berjualan di pasar tradisional yang sebagian besar menengah ke bawah.

Binsar yakin banyak figur yang ahli di bidang bisnis pasar namun belum tentu mampu memahami karakteristik pedagang di 53 pasar tradisional milik Pemko Medan.

Secara umum,PD Pasar pemasukannya dari retribusi kios dan wajar mengejar target untuk membiayai operasional.Tetapi untuk mencapai target ini,butuh tangan tangan yang lihai mengelola pasar pasar dan membuka peluang bagi pedagang agar suasana jual beli menambah penghasilannya.

"Bila dikelola secara baik dengan membuka  peluang bisnis maka para pedagang akan semakin bersemangat berjualan"ujar Binsar.

Apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini omset para pedagang menurun sehingga berpengaruh terhadap penghasilan dan pembayaran retribusi kios.

Ketika disinggung peluang figur yang cocok menjadi Dirut PD Pasar,Binsar melihat figur Suwarno yang Ketua Umum P4B (Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu).

Suwarno itu figur sederhana tetapi dekat dengan pedagang karena diapun mengurusi pedagang.Kenapa sekali ini,Dirut PD Pasar tidak dari pedagang itu sendiri.

"Biarlah pedagang itu sendiri menjadi pemimpin mereka sendiri untuk mengelola PD Pasar"tambah Binsar.

Makanya,saya melihat figur Suwarno si 'toke kelapa parut' paling tepat memimpin PD Pasar.

Secara komunikasi,Suwarno itu mau mendengar keluhan orang.Saya sudah lama kenal dengan Suwarno makanya dengan penuh keyakinan akan mampu memajukan pasar tradisional dan menghidupkan suasana pasar untuk meningkatkan penghasilan para pedagang.

Sebagaimana diketahui,saat ini Pemko Medan sedang membuka lelang 12 direksi perusahaan daerah meliputi PD Pasar,PD Pembangunan dan PD Rumah Potong Hewan.Tim Seleksi diketuai Sekda Medan Ir Wiriya Alrahman,MSi.(rd)