Fraksi Gerindra: RPJMD 2021-2026 Harus Mendukung Visi Misi Medan Berkah

Medan,DP News

Fraksi Gerindra minta agar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Medan menjadi acuan bagi Pemko Medan untuk lima tahun ke depan. RPJMD Kota Medan harus disesuaikan dengan tujuan visi dan misi yaitu terwujudnya masyarakat Kota Medan yang berkah dan kondusif.

Demikian dibacakan juru bicara Fraksi Partai Gerindra DPRD Medan Dedy Aksyari Nasution, ST saat membacakan pemandangan umum fraksi atas Ranperda RPJMD Kota Medan Tahun 2021 – 2026, Senin (26/7).

“RPJMD Kota Medan 2021 – 2026 harus juga fokus di bidang pembangunan infrastruktur sebagai kota metropolitan. Infrastruktur kita masih minim dan itu harus ditingkatkan. Intinya jangan sampai Pemko Medan kesulitan dalam mengimplementasikannya,”kata Dedy.

Untuk itu, menjaga konsistensi implementasi RPJMD tersebut,Pemko Medan diharapkan merencanakan setiap tahapan yang ditetapkan menjadi tema pembangunan Kota Medan di setiap tahunnya.

Selain itu, monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan yang direncanakan dalam Ranperda perlu ditingkatkan, agar seluruh kegiatan tersebut nantinya dapat diselesaikan tepat waktu, tepat guna, tepat sasaran, akuntabel dan berkualitas.

“Berdasarkan pantauan kami, bahwa forum Musrenbang telah berhasil merumuskan berbagai indikasi program dari masing-masing misi pembangunan yang di tetapkan seluruh saran dan masukan yang disampaikan dapat menjadi masukan penting dalam pemuktahiran arah dan kebijakan umum pembangunan Kota Medan sampai tahun 2026,”sebutnya lagi.

Ditambahkan lagi,Pemko Medan harus punya spirit, komitmen dan semangat yang tinggi untuk dapat menyusun rencana pembangunan Kota Medan jangka menengah yang semakin terpadu, aspiratif dan terintegrasi. Kemudian adanya kesepakatan bersama berdasarkan azas  mufakat dan musyawarah stakeholder pembangunan yang mengikuti forum RPJMD tersebut.

“ Sebagai potensi dan sumber daya pembangunan kota, berbagai dukungan dan partisipasi yang telah diberikan segenap pelaku pembangunan kota patut kita hargai dan berikan apresiasi sebesar-besarnya,”ucapnya lagi.

Selanjutnya, Fraksi Gerindra minta agar sektor pendidikan juga diprioritaskan agar dapat meningkatkan daya saing pendidikan dalam mengantisipasi melonjaknya pengangguran.

Terkait isu-isu strategis dalam RPJMD ini, Fraksi Gerindra menilai agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan secara tepat dan mencakup seluruh kalangan.(rd)