Jamu Mas....!!! 4 Jenis Jamu Penambah Daya Tahan Tubuh

 

Jakarta,DP News

Menjaga kesehatan termasuk daya tahan tubuh menjadi salah satu hal penting di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi selama beberapa waktu terakhir. Ada beberapa jamu tradisional yang bermanfaat menambah imun tubuh. Sistem imun bekerja dengan membentuk semacam 'barikade' untuk menghalangi patogen yang terdeteksi hendak masuk menyerang tubuh. Sistem imun yang kuat jadi salah satu jaminan kesehatan. Ada banyak cara untuk mendapatkan sistem imun yang kuat. Selain rutin berolahraga, tidur cukup, dan menghindari stres, pola makan dan minum juga turut berkontribusi. Beberapa makanan diketahui dapat meningkatkan sistem imun. Begitu pula dengan minuman, termasuk jamu tradisional. Beragam jamu dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan bahkan membentengi tubuh dari banyak penyakit. Tidak terkecuali untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Berikut deretan jamu tradisional yang berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Jamu Kunyit Asam Jamu ini merupakan campuran antara kunyit serta asam. Jamu kunyit asam dapat digunakan sebagai penawar racun serta menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Kemudian jamu kunyit asam akan membantu membuang racun melalui urine dan keringat. Manfaat lain dari jamu ini adalah dapat mengatasi pegal-pegal yang dirasakan setelah kerja berat dan kecapekan. Tidak hanya, terdapat kandungan Vitamin C yang cukup tinggi yang dapat membuat kulit jadi lebih cerah dan sehat. 

2. Jamu beras kencur Salah satu rempah yang biasa dibuat jamu adalah beras kencur. Selain sering dipakai sebagai obat tradisional saat keseleo atau bengkak dengan efek dinginnya, beras kencur juga dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri badan, rasa mual sampai perut kembung. Sebagaimana dilansir Halodoc, jamu beras kencur juga memiliki manfaat seperti meningkatkan energi, mengatasi kelelahan, serta meredakan batuk. Sejak lama, beras kencur juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan nafsu makan yang baik, maka tubuh akan lebih kuat dan tahan terhadap paparan penyakit. Kendati demikian, belum ada penelitian lebih lanjut yang membuktikan hal ini. 

3.Jamu temulawak Temulawak telah dikenal memiliki banyak khasiat dan menjadi bahan utama dalam beragam produk vitamin atau minuman energi. Manfaat dari temulawak di antaranya adalah untuk menambah nafsu makan, dapat mengobati gangguan pencernaan, menghilangkan kram perut saat menstruasi, mempengaruhi metabolisme dari lemak, membantu pengobatan kanker, sampai membantu dalam mengatasi radang sendi. Dengan nafsu makan yang baik, maka tubuh akan lebih kuat dan tahan terhadap paparan penyakit. 

4.Jamu Brotowali Meski pahit, tapi jamu brotowali menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Brotowali mengandung zat fitokimia, yaitu alkaloid, flavonoid, flavon glikosida, triterpen, diterpen, diterpen glikosida, firoditerpen, lakton, sterol, dan lignan. Brotowali dipercaya dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh, mencegah aterosklerosis, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengatasi beberapa permasalahan kulit. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, konsumsi brotowali secara berlebihan dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.(CNNIndonesia/rd)