Bakamla RI-Pemkab Asahan Jalin Kerjasama Pengamanan Perairan

Asahan,DP News

Bupati Asahan H. Surya, BSc didampingi Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos, MSi, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, MSi, Kepala Bappeda dan OPD menerima kunjungan kerja Bakamlai RI yang terdiri dari Kasubdit Jaringan Bakamla RI Kolonel Bakamla Ir. Suhardi, M.T., Kasubdit Kerjasama Dalam Negeri Bakamla RI Letkol Bakamla Suhardi Sitepu, SH, MH, beserta rombongan. 

Acara digelar dalam rangka kerjasama dan survei Lahan Pembangunan Sistem Komunikasi Maritim Stasiun Peringatan Dini Bakamla RI, Rabu (18/8) di Aula Melati.

Kolonel Bakamla Ir. Suhardi, M.T menjelaskan, bahwa untuk melaksanakan tugas dan fungsi Bakamla RI sebagai institusi penyelenggara patroli keamanan dan keselamatan laut. Hal ini tentunya sesuai manat Undang-undang nomor 32 tahun 2014 tentang Kelautan, memerlukan tempat berlabuh Alat utama sistem keamanan laut (Alutsiskamla) yaitu kapal patroli di seluruh Wilayah Indonesia dengan prioritas di wilayah yang membutuhkan perhatian khusus, yaitu wilayah perbatasan langsung dengan Negara tetangga, kata Ir Suhardi.

Sementara Bupati Asahan, H.Surya, BSc, menyampaikan untuk mewujudkan harapan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan telah menyiapkan lahan di Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut seluas 6000 M2 untuk dijadikan sebagai gedung Sistem Komunikasi Maritim Stasiun Peringatan Dini Bakamla RI Kabupaten Asahan, kata Bupati Asahan.

Bupati Asahan berharap kerjasama ini dapat segera terwujud, sehingga dengan adanya Kantor/Dermaga Bakamla di Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut dapat memberikan dampak kepada masyarakat berupa eksternalitas ekonomi dan hasil laut berupa ikan dapat memberikan kesejahteraan masyarakat, ucap bupati.

Bupati Asahan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bakamla RI karena telah mempercayakan Kabupaten Asahan menjadi lokasi stasiun Bakamla RI, dan kami Pemerintah Kabupaten Asahan menyambut baik rencana ini.(ZN)