Bincang-bincang Orang Muda Katolik KAM Sambut HUT Ke-76 RI

Medan,DP News

Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Medan (Komkep KAM) mengadakan diskusi peran pemuda menyambut hari ulang tahun HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Pembicara Ceperianus Gea (PMKRI Medan), Joel Tampubolon (KMK FISIP) USU,  Manogar Sinurat (Unpri), Erwin Rajagukguk (OMK Vikariat I Medan) Anggita Aritonang (KMK Unika) Anita Sembiring (KBMK) dan Hastuti (STP) dengan tema,'Orang Muda Katolik Tangguh, Bangsa dan Gereja Tumbuh'.

Di awal diskusi membahas peran pemuda-pemudi Katolik yang ada di keuskupan agung medan dalam menyambut dan memaknai kemerdekaan.

Para pembicara sepakat bahwa dalam situasi pandemi saat ini peran kepemudaan sebagai penerus Bangsa dan Gereja tentunya harus berkontribusi menciptakan hal-hal positif.

"Sebagai orang-orang muda, menurut saya kita tidak boleh berdiam diri, kita harus mengambil peran sesuai basick kita masing-masing, misalnya seperti ekonomi kreatif," ujar Ceperianus, saat melaksanakan diskusi di Catholic Centre, Minggu (15/8). 

Sementara itu Ketua Komkep KAM Pastor Serafin Dani Sanusi, OSC mengatakan menjadi orang muda Katolik yang tangguh bisa menunjukkan kontribusinya bagi bangsa dan gereja.

"Orang muda yang tangguh yaitu bagaimana ia bisa menjadi orang yang konsisten, menjadi orang yang mempunyai komitmen, orang yang mau berpartisipasi dalam kegiatan gereja dan bangsa," ujarnya.

Hal itu ia katakan bisa terwujud jika para pemuda harus melakukan pertobatan sejati yaitu pertobatan dengan pikiran dan pertobatan dengan tindakan.

"Mari cara berpikir kita kita ubah, cara berpikir kita kita tambahkan wawasannya, dengan kita menambahkan wawasan kita pun akan menjadi lebih tangguh," jelasnya.(rd)