Angka Testing dan Tracing Belum Tercapai: Medan Masih Level 3

Medan,DP News

Wali Kota Medan Bobby Nasution minta seluruh pihak serta masyarakat tetap gencar menerapkan 3T dan 5M Dengan gencarnya melakukan 3T dan 5 M, optimis dapat turun ke level 2 bahkan level 1 maupun zona hijau.

Hal ini dikatakan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat memimpin rapat pembahasan tindak lanjut PPKM Level 3 Covid-19 di Kota Medan di Posko Satgas Covid-19 Kota Medan/ Gedung PKK Kota Medan Jalan Rotan, Jumat (24/9).

Berdasarkan hasil koordinasi Dinas Kesehatan dengan Kementerian Kesehatan, Kota Medan sudah bisa turun ke level 2.Namun, lanjut Bobby Nasution karena angka testing dan tracing yang belum mencapai target maka Kota Medan berada di level 3.

Bobby Nasution menambahkan oleh sebab itu Pemko Medan mengajak seluruh rumah sakit yang ada di Kota Medan untuk bersama-sama bergandengan tangan bersama untuk gencar melakukan 3T khususnya testing dan tracing. Kemudian pihak rumah sakit juga melaporkan data 3T kepada Dinas Kesehatan Medan.

Selain itu Bobby Nasution juga mengajak kepada 47 rumah sakit yang hadir untuk melayani masyarakat dalam melakukan 3T terutama testing dan tracing. Untuk memastikan pelaksanaan 3T di rumah sakit berjalan lancar, Bobby meminta kepada pihak rumah sakit agar membentuk tim yang terdiri dari 5 orang. 

Dijelaskan Bobby Nasution WHO menargetkan tracing minimal 15 kontak erat, kemarin ditargetkan level tinggi itu 8, Karena jumlah kasus per hari tinggi di atas 500. Saat ini kasus di bawah 100, bahkan turun jadi 55 kasus sehingga kita optimis dengan melibatkan pihak rumah sakit 15 kontak erat dapat ditracing dan testing.

"Ini upaya yang kita  selalu upayakan bagaimana kita antisipasi penyebaran Covid-19 di Medan. Selain itu, pintu masuk kota Medan sudah diperbolehkan dibuka, namun yang terkhusus yang berbatasan dengan kabupaten lain yang menuju tempat wisata dan pintu masuk dari laut ini akan lebih dipantau lebih ketat ketimbang pintu masuk lainnya," ujar Bobby Nasution.(rd)