Belajar Tatap Muka Tunggu Keputusan Bupati Samosir

Samosir,DP News

Memastikan kesiapan sekolah dalam pembelajaran tatap muka, Sekdakab Samosir yang juga Ketua Pelaksana Satgas Covid 19 di Kabupaten Samosir melaksanakan monitoring kesiapan sekolah tingkat SD dan SMP,Jumat(03/09).

Sekdakab Samosir Jabiat Sagala didampingi Plt. Kasat Pol PP,Kakan Kesbang dan Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir menyampaikan bahwa pembelajaran tatap muka akan segera dilaksanakan di Kabupaten Samosir dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Masing-masing sekolah harus menyediakan pengukur suhu tubuh,tempat cuci tangan dan masker serta jaga jarak dalam proses belajar mengajar.

"Pembelajaran tatap muka segera akan dilaksanakan, dan monitoring ini untuk menentukan kesiapan pihak sekolah terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka" kata Sekdakab Samosir.

Mengenai waktu pelaksanaan pembelajaran, Sekdakab mengatakan menunggu hasil keputusan dari dari Bupati Samosir sebagai ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 dan Forkominda Kabupaten Samosir. Hasil monitoring ini akan menjadi bahan pertimbangan pada rapat evaluasi,Senin (06/09).

Dari beberapa sekolah yang dimonitoring yaitu, SD N 29 Pangururan, SMP N 1 Pangururan, SMP N 2 Simanindo dan SMP N 4 Simanindo, Jabiat Sagala mengatakan secara umum sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan berbagai kesiapan di lokasi yaitu pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan dan  Tenaga pengajar atau guru sudah mendapatkan vaksin tahap 2. Pemberlakuan pembelajaran tatap muka ini juga sesuai dengan level Samosir berada di Level 3 sehingga dimungkinkan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. 

Pembelajaran akan dilaksanakan sekitar 50% dari jumlah siswa. Selain melengkapi peralatan prokes, Surat persetujuan orangtua menjadi salah satu dasar pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan jika ada orangtua yang keberatan dengan pembelajaran ini akan tetap dilayani dengan pembelajaran jarak jauh atau daring, terangnya. 

Kepada tenaga pengajar yang dijumpai di lokasi sekolah, Sekda menekankan agar penerapan prokes terhadap anak didik tetap diprioritaskan. Bapak ibu guru juga pasti sudah rindu dengan anak didik kita, untuk itu mari terapkan prokes sehingga proses pembelajaran dapat tetap berlangsung dengan baik, ujar Sekda seraya mengajak tenaga pengajar untuk tetap bersyukur menjalani pandemi Covid 19 dan berharap pandemi cepat berlalu.(ml-red)