Musik dan Tarian India 'Goyang' Sosper Kebersihan Antonius: Gencarkan Bank Sampah...

Foto: Musik dan Tarian India Hibur Sosperda Tentang Kebersihan di Sei Agul/DPN

Medan,DP News

Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor laksanakan Sosper Nomor 10 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Kebersihan  di Jalan Karya Mesjid Ujung Kelurahan Sei Agul Medan Barat.Sosper kali ini lain dari biasanya dimana musik dan tarian India berkumandang menambah suasana meriah.

Sosperda yang diikuti ratusan warga yang berasal  dari Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Medan Barat, Medan Helvetia, Medan Petisah dan Medan Baru itupun seketika berubah menjadi semarak dengan suguhan atraksi tari-tarian yang dipersembahkan Star Dancing Club.

Pada pelaksanaan Sosperda tersebut  Dalam paparannya,Antonius mengajak masyarakat untuk bekerjasama dengan Pemko Medan menjaga kebersihan lingkungan. Jangan membuang  sampah di sungai atau parit sembarangan,kata Antonius.

Secara santai Antonius yang mengenakan pakaian adat India Tamil mengatakan orang senang nabung uang di bank maka sekarang ini kita galakkan bank sampah di Medan Barat khususnya di Kelurahan Sei Agul ini.

Camat Medan Barat Rudi Lubis itu menambahkan, bahwa pengelolaan sampah saat ini sudah ada diberikan pada 21 kecamatan di Kota Medan sehingga diharapkan peran serta masyarakat agar seluruh lingkungan dapat bersih dari sampah.

" Saya selaku camat di Medan Barat juga menegaskan, jika ada petugas kami yang lambat ketika dalam menjalankan tugas mereka membersihkan sampah agar segera melaporkan kepada kami untuk dapat kami cari solusinya dan kami ambil tindakan selanjutnya,"kata camat.

M Yamin dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan mengimbau masyarakat tertib membayar retribusi sebagai Wajib Retribusi Sampah (WRS).Dengan tertib membayar retribusi sampah diharapkan permasalahan sampah dapat diselesaikan. Dan warga yang tertib WRS juga dapat menerima hak nya, dan dapat mengadukan petugas kami jika ditemukan  terlambat mengangkut sampahkatanya.  

Selanjutnya, Antonius Tumanggor juga menegaskan kepada masyarakat agar melaporkan kepadanya jika ada kinerja kepala lingkungan yang dinilai kurang baik kepada warganya.

" Masyarakat jangan takut jika ada menemukan kepala lingkungan yang tidak becus bekerja dan melakukan pungli. Segara lapor kepada saya melalui Sopo Restorasi, kita akan tindak lanjuti dengan segera,"ujarnya.

Warga pun senang mendengarkan apa yang disampaikan politisi dari Partai NasDem Kota Medan ini. Sosperda wakil rakyat dari Dapil 1 tersebut terlihat banyak dihadiri warga India Tamil penganut agama Hindu.

Foto: Sosperda No 10/2012 Ditandai Dengan Penyerahan Tong Sampah di Sei Agul/DPN

Ternyata, Antonius Tumanggor dalam pelaksanaan Sosperda tersebut sengaja menghadirkan mereka karena sebagai bentuk turut menyambut Perayaan Deevapali. Dimana Hari Deepavali yang dikenal sebagai pesta cahaya, dan merupakan perayaan yang disambut oleh semua penganut Hindu di dunia.

"Kita selaku wakil rakyat adalah milik semua suku, ras, agama di bawah bendera NKRI sehingga yang namanya hari keagamaan  wajib kita hormati dan kita dukung, termasuk melestarikan adat dan budaya nya,"terangnya.

Dijelaskan Antonius lagi bahwa kehadiran dirinya yang diamanahkan warga masyarakat di Jalan Karya Mesjid Kelurahan Karya Sei Agul harus mampu dirasakan, sebab sebagai putra asli anak Kelurahan Sei Agul dia bangga dapat terpilih menjadi wakil rakyat untuk membawa aspirasi masyarakat di daerah dan dapilnya agar mendapat perubahan dan pembangunan khususnya di daerah tersebut.

" Mari kita sama-sama berkolaborasi untuk mendukung program Pemko Medan terutama tetap menjaga kebersihan lingkungan dari sampah dan terlebih lagi, meski kota Medan turun level ke 2, namun kita harus tetap waspada, selalu memakai masker jika keluar rumah, mencuci tangan dengan air bersih dan menghindari kerumunan, ujarnya.

Acara Sosperda tersebut juga sekaligus penyerahan tong sampah plastik dan suvenir.(rd)