Pohon Trembesi Tua Tetap Dipertahankan: Revitalisasi Lapangan Merdeka Rp174 M....

Medan,DP News 

Lapangan Merdeka Medan bakal direvitalisasi dengan menghabiskan dana Rp174 M.Mesk didisain sebagai ruang kota yang mengapresiasi sejarah Medan dan sejarah Proklamasi Kemerdekaan namun keasrian pohon trembesi tua tetap dipertahankan. Revitalisasi ini juga diharapkan dapat menjadikan Lapangan Merdeka sebagai "void", ruang terbuka kota, ruang kontemplasi dan refleksi untuk memahami sejarah masa lalu dan menyiapkan langkah pembangunan ke masa depan.

Sampai saat ini salah satu ciri khas Lapangan Merdeka adalah keasrian pohon Trembesi yang sudah termakan usia tua. Sementara itu,Kepala Bappeda Medan Benny Iskandar yang ditanyai,Senin(11/10) mengakui revitalisasi tetap mempertahankan pohon trembesi tua dan fungsinya sebagai ruang terbuka publik, juga sebagai mitigasi perubahan iklim.

Revitalisasi Lapangan Merdeka ini, terang Benny, diperkirakan membutuhkan anggaran Rp174 miliar, dengan rincian Rp 100 miliar dari BKP Pemprovsu dan Rp74 miliar dari APBD Pemko Medan serta sumber pembiayaan lainnya.

Sembari menunggu kabar baik dari Pemprovsu itu, lanjut Benny, Pemko Medan mulai Oktober sampai November 2021 menyiapkan gambar dan tahapan. 

Wali Kota Medan, Bobby Nasution terus mendorong realisasi revitalisasi Lapangan Merdeka. Pradisain telah selesai, persiapan dan perencanaan pun terus dimatangkan. Selanjutnya, setelah Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) dari Pemprovsu turun, dimulai penyusunan Detail Engineering Design (DED) yang akan dilanjutkan dengan tender dan pembangunan fisik.(rd)