'Tabunglah Sampah di Bank Sampah,Jangan Tabur di Sungai',Antonius Tumanggor Dukung Program Camat Medan Petisah...

Foto: Penelusuran Sungai Babura Membersihkan Sampah/Dok

Medan,DP News

Program penanganan sampah di Lingkungan 1 dan 3 Kelurahan Petisah Tengah bukan hanya difokuskan pada sampah-sampah yang ada di gang saja tetapi juga sampah yang ada di alur sungai yang melintasi 'Kampung Sejahtera'.Artinya pihak Kecamatan Medan Petisah tidak hanya memikirkan sampah yang ada di darat saja tetapi juga sampah yang ada di sungai.

"Kita mendorong warga supaya lebih peduli terhadap sungai dengan cara tidak membuang sampah ke sungai, dan alhamdulillah sekarang mereka sudah sadar dan tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Camat Medan Petisah  Agha Novrian menuturkan masyarakat setempat sekarang sudah mulai mengumpulkan sampahnya masing-masing.Tujuanya ialah untuk membuat bank sampah khusus di lingkungan 1 dan 3.

"Kita bersama Dinas Kebersihan dan Pertamanan sudah menyiapkan tempat bank sampah tersebut, hanya tinggal implementasinya saja dan menyiapkan wadah pemilahan sampah untuk bank sampah."jelas Agha lagi.

Di samping itu Agha Novrian juga sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat lingkungan 1 dan 3 Kelurahan Petisah Tengah yang menjaga kebersihan lingkungannya.

Agha mengakui kecamatan tidak akan mampu secara optimal membersihkan lingkungan tersebut apabila tidak ada dukungan dari masyarakat setempat.

"Ini juga yang sebenarnya menjadi harapan kami, karena kalau hanya dari unsur kecamatan saja yang melakukan pembersihan sampah maka hasilnya tidak akan optimal, namun karena ini di dukung oleh masyarakat maka kebersihan di lingkungan ini dapat terwujud 100%."sebutnya.

Untuk itu,Agha Novrian secara khusus menghimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Medan Petisah agar menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing, termasuk mengeluarkan sampah-sampah dari dalam rumah di jam-jam yang telah ditentukan yaitu pukul 06.00-08.00 WIB sehingga dapat diangkut seluruhnya oleh armada kebersihan

"Selain menghimbau masyarakat agar mengeluarkan sampah di jam-jam tersebut, kami juga telah menyiapkan tim penyisir sampah yang bertugas dari pagi hingga malam hari, jadi tidak ada alasan bagi kami membiarkan sampah itu tidak terangkut."ujarnya. 

Mendukung

Sementara itu,Anggota DPRD dari Dapil 1 Antonius Devolis Tumanggor sangat mendukung kebijakan Camat Medan Petisah yang cukup serius menangani sampah di pemukiman penduduk pinggiran sungai.

Menjadikan lingkungan 1 dan 3 'Kampung Sejahtera' sebagai daerah percontohan pengelolaan sampah sangat tepat demi menjaga kebersihan lingkungan dan air sungai.

Untuk itu anggota dewan yang duduk di Komisi IV mengatakan semua pihak harus mendukung program Camat Medan Petisah apalagi saat ini,Walikota Medan M Bobby Nasution sedang gencar gencarnya menangani sampah dengan menetapkan lingkungan percontohan pengelolaan sampah.

Bank Sampah sudah dibuatkan di lokasi tersebut maka Antonius membuat slogan imbauan ' Tabunglah Sampah di Bank Sampah,Jangan Tabur Sampah ke Air Sungai'.(rd)