Rencana Buka Kembali KCW, Rudiawan Sitorus: Data Ulang UMKM...

Medan, DP News

Anggota Komisi III DPRD Medan Rudiawan Sitorus dukung rencana pembukaan kembali KCW(Kesawan City Walk) namun perlu pendataan ulang terhadap UMKM yang berjualan di kawasan tersebut.

Rudiawan Sitorus mengatakan hal itu kepada wartawan, Rabu (3/11) menyikapi rencana Pemko Medan membuka KCW dan ingin memberdayakan UMKM. Rudiawan berpesan agar Pemko Medan melakukan pendataan ulang UMKM-nya karena  seharusnya yang berada di Kesawan adalah masyarakat kelas bawah.

“Jika Pemko Medan ingin benar benar  mendongkrak perekonomian melalui pemberdayaan UMKM di KCW, maka harus di data ulang pelaku-pelaku UMKM. Bukannya para konglomerat yang berniaga di KCW, ” tukasnya.

Selain itu kata Rudiawan, Pemko Medan harus benar-benar mempelajari dampak yang akan timbul jika membuka kembali KCW. “Harus memperhatikan positif-negatifnya terhadap penyebaran covid-19 di Kota Medan. Maka yang pertama harus Pemko Medan lakukan saat pembukaan kesawan kembali harus memperhatikan protokol kesehatan. Yang kedua, harus juga memperhatikan dampak daripada penyebaran Covid-19,” paparnya.

Rudiawan bilang, kalau misalnya level Medan masih di zona merah, maka pembukaan KCW tidak patut. Maka kalau zona kuning, atau sudah mulai menurun bahkan bisa di atasi, maka dia memperkirakan KCW bisa buka kembali.

Mungkin, sambungnya, mengarahkan kepada dampak negatif dengan bukanya KCW. Namun kalau ternyata bisa menyebabkan menyebarkan Covid-19 di Medan, maka sebaiknya di tunda dulu.

“Tapi kalau sudah memastikan kondisi Medan kondusif dengan level 1 atau 2, dengan zona kuning. Bisa dengan menjaga Prokes,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam rapat yang dipimpin  Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman di Ruang Rapat I Balai Kota terungkap kesiapan Pemko Medan membuka kembali KCW pada 19 Nopember mendatang..(rd)