Turis Venezuela: " Luar Biasa Air Soda Parbubu Ini,Beda Dengan di Negeri Kami...."

Tarutung,DP News

'Luar Biasa Air Soda Tarutung Ini, Jauh Beda Dengan di Negeri Kami (Venezuela,red)'.Itulah pengakuan tulus dari turis Venezuela sebagaimana dituturkan Minar Boru Sihite yang sudah berusia 84 tahun tetap tegar dan setia menjagai Air Soda Parbubu Tarutung.

Dikisahkannya,sepulangdmerantau dari Jakarta, sambil berjalan di sekitar kampungnya di Tarutung ,dilihatnya ada air di bawah batu dan dicicipinya rasa soda.Saya langsung berdoa,Tuhan akan saya jagai ciptaan-Mu ini tetapi usir dulu setan setan yang ada di sekitar ini,biar bisa kujaga ciptaan-Mu ini.

Itulah awal pemandian Air Soda tersebut yang akhirnya tersiar ke segala penjuru mancanegara.Pengunjungnya bukan hanya wisatawan lokal tetapi hingga mancanegara.

Penuturan yang cukup mengejutkan,pernah ada turis dari Venezuela datang dan mandi kolam air soda.Ternyata mereka sangat puas sambil berkata hebat air sodamu ini, tidak sama dengan di negeri kami.

Berkunjung ke Tarutung,Taput belum lengkap rasanya kalau belum mandi menikmati Air Soda.Memang sangat luar biasa fenomena alam di wilayah Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Provinsi Sumatera, apabila kita mengunjunginya.Salah satunya adalah pemandian Air Soda di Dusun I, Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Manfaat terapi mandi Air Soda ini adalah bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit asam urat, mata, telinga, stroke, urat terjepit, alergi dan lain sebagainya. Apabila mandi Air Soda cukup hanya menggerak-gerakkan bahagian tangan dan kaki, layaknya seperti perenang.

Mari kita nikmati pemandian air soda,tidak mahal koq alias murah meriah....(Zulham Nainggolan).