Notification

×

Iklan

Iklan

Peringatan Hari Pancasila di Ende: Jokowi Kenakan Pakaian Adat Ragi Lambu Luka Lesu....

01 Juni 2022
Foto: Jokowi Kenakan Pakaian Adat Ragi Lambu Luka Lesu Saat Pimpinan Upacara Peringatan Hari Pancasila, Rabu(1/6) di Ende, NTT/CnnIndonesia
Jakarta,DP News

Presiden Jokowi memimpin upacara Hari Pancasila di Ende dengan menggunakan baju adat khas Ende. Baju adat ini dikenal dengan nama Ragi Lambu-Luka Lesu.

Tetap dengan memakai kemeja putih kebanggaannya, Jokowi memakai kain tenun yang diselempangkan di bahu kanannya. Dia juga memakai kain berwarna hitam dengan motif garis kuning dan biru sebagai kain bawahan.

Di bahu sebelah kirinya, Jokowi juga memakai selempang anyam dengan tulisan 'Jokowi Ende.'Sebaga pelengkap baju adat, dia juga menggunakan ikat kepala berbentuk meruncing dengan warna oranye. Di lehernya juga tergantung sebuah kalung lingkaran besar.

Senada dengan Jokowi, Iriana yang mendampingi Jokowi juga terlihat memakai baju kurung putih yang dilengkapi dengan sarung dan selendang khas Ende.

Ragi Lambu-Luka Lesu merupakan baju adat pria di Ende, NTT, seperti yang dipakai Jokowi saat memimpin upacara Hari Pancasila, Rabu (1/5).

Mengutip berbagai sumber, ragi memiliki arti sarung, sedangkan lambu berarti baju. Ragi atau sarung sendiri terdiri dari dua tipe, yaitu ragi sura merupakan sarung dengan motif garis vertikal, dan ragi sura rembe atau mbao merupakan sarung bermotif garis horisontal.

Ragi yang dipakai seseorang menunjukkan status dan kedudukan seseorang.Sebagai pelengkap baju adat, ragi juga dilengkapi dengan luka atau selendang dan juga lesu (destar).

Luka atau selendang itu dipakai menyilang dan dibuat dari bahan dari sarung yang dipakai wanita. Sedangkan lesu disebut juga ikat kepala.

Jokowi berkunjung ke Ende, NTT dan memimpin upacara Hari Pancasila di kota tersebut. 

"Hari ini 1 Juni 2022 kita memperingati hari lahir pancasila di Kota Ende NTT. Di Kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno, proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila," ucapnya saat pidato upacara.(cnn Indonesia/rd) 


×
Berita Terbaru Update