Warga Desa Sinaga Uruk Pandiangan Nainggolan Lega: Dibangun 1.500 M Jalan Usaha Tani ....

Medan,DP News

Warga Desa Sinaga Uruk Pandiangan Kecamatan Nainggolan merasa lega dengan dibangunnya JUT(Jaringan Usaha Tani).Jalan usaha tani menghubungkan Dusun I lingkar ke Sihurunghurung tembus ke  Dusun III Simanampang  sepanjang 1500 meter dengan sumber dana APBD Samosir TA 2021.

Program ini merupakan salah satu upaya  mengembangkan dan meningkatkan sektor pertanian melalui dukungan infrastruktur pertanian yang memadai, di antaranya melalui pengembangan Jalan Usaha Tani (JUT). 

Melalui program JUT diharapkan dapat mendorong kelancaran distribusi hasil  pertanian dan memberikan pengaruh terhadap peningkatan nilai lahan di sekitarnya.Namn di sisi lain bisa berdampak pada perubahan lahan dari pertanian menjadi permukiman.

Program JUT ini sudah dinikmati warga Desa Sinaga Uruk Pandiangan , Kecamatan Nainggolan .

Salah satu program prioritas Pemkab Samosir dalam pembangunan ,adalah infrastruktur,pertanian dan pariwasata .Diantara program ini salah satunya tentang pertanian,melalui program pembukaan jalan usaha tani di berbagai desa di Samosir untuk  peningkatan hasil tani yang lebih baik dan modern bisa dirasakan masyarakat petani.

Program ini tidak akan terealisasi tanpa dukungan pemerintahan desa,kelompok tani serta partisipasi masyarakat secara sukarela. memberikan lahannya demi kemajuan daerah itu sendiri.

Dengan program pembukaan jalan usaha tani untuk peningkatan  sumber hasil tani atau pendapatan para petani untuk lebih maju dan meningkatnya hasil tani yang diperoleh .

Kepala Desa Sinaga Uruk Pandiangan Simson Sinaga melalui Kasi Pemerintahan Manorang Sinaga,Rabu(24/11) menyebutkan bahwa program ini cukup memuaskan,itu semua berkat dukungan dari  masyarakat.

Warga berharap kepada Pemkab Samosir melalui dinas terkait agar bisa ditingkatkan di tahun mendatang,ujarnya. ( ml/ red).