Notification

×

Iklan

Iklan

Ma'ruf Amin Telepon Khofifah: Bu Gubernur,Tolong Ditangani Para Pengungsi Secara Baik...

05 Desember 2021 | Minggu, Desember 05, 2021 WIB Last Updated 2021-12-05T15:28:34Z

Medan,DP News

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menelepon Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengenai penanganan erupsi Gunung Semeru, Lumajang. Ma'ruf mengarahkan agar Khofifah menangani warga terdampak bencana dengan baik.

"Tolong dikoordinasikan semua Bu Gubernur supaya pengungsi tertangani dengan baik. Berkoordinasi dengan Menteri terkait, Panglima TNI, dan BNPB, juga Bupati (Lumajang) supaya semua bisa diatasi," pinta Wapres saat menelepon Khofifah seperti dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (5/12).

Pada percakapan singkat tersebut, Ma'ruf menerima laporan terkait wilayah dan jumlah korban terdampak guguran awan panas Semeru. Khofifah menyebut terdapat dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terkena dampak, yaitu Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo. Informasi tersebut diterima Ma'ruf pada pukul 13.04 WITA atau 12.04 WIB.

"Di Candipuro terkonfirmasi 10 yang meninggal, di Pronojiwo 2 yang meninggal. Jadi, terkonfirmasi 12 orang meninggal," lapor Khofifah.

"Di kampung sebelahnya (Pronojiwo) ada lagi yang meninggal 5 orang," imbuhnya.

Khofifah melanjutkan bahwa adanya laporan masyarakat terkait anggota keluarga yang belum ditemukan. Dia menyebut proses evakuasi masih terus berlanjut yang dilakukan oleh 3.400 personel.

"Ada yang melapor ponakan belum ditemukan, ada yang pingsan karena masih mencari istrinya. Jadi, proses evakuasi sedang dilakukan hari ini dengan 3.400 personel," jelas Khofifah.

Lebih lanjut, Khofifah menyampaikan kepada Ma'ruf bahwa proses evakuasi masyarakat terus dilakukan sejalan dengan telah berjalannya early warning system. Khofifah juga menyampaikan bahwa bantuan kebutuhan dasar terus disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Early warning system sudah jalan. Masyarakat sudah mengevakuasi diri. Awal kami dengar langsung kami mengimbau masyarakat untuk mengevakuasi diri. Insyaallah kalau kebutuhan dasar terpenuhi karena ada dapur umum dari Pemprov, di Candipuro dan Pronojiwo juga ada," jelas Khofifah.

Ma'ruf Amin kemudian melanjutkan menelepon Mensos Tri Rismaharini (Risma). Ma'ruf meminta Kementerian Sosial terus mengawal proses evakuasi masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Tolong ya Bu, semua hal terkait akomodasi, pengungsian, dan konsumsi untuk disiapkan," ujar Ma'ruf memberikan arahan.(detik com/rd)

×
Berita Terbaru Update