Notification

×

Iklan

Iklan

Nikmati...Suara Gemericik Air Jatuh dan Segarnya Mandi Di Air Terjun Efrata...

27 Maret 2022
Foto: Objek Wisata Air Terjun Efrata di Kecamatan Harian, Samosir
Samosir,DP News

Para wisatawan yang berkunjung ke Samosir semakin dimanjakan dengan suguhan keindahan sejumlah objek masing masing objek wisata punya daya tarik tersendiri.Misalnya air terjun Efrata yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Bukit Sibea-bea. 

Air Terjun Sampuran Efrata, di Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian sudah termasuk salah satu objek wisata favorit yang jarang dilewatkan pengunjung.Air terjun ini memiliki daya tarik yang tersendiri dibanding objek wisata lainnya.Yang jelas,bukan mandi mandi di Danau Toba tetapi mandi sambil menikmati asrinya alam di lapangan kasi Air Terjun Efrata.

Betapa tidak,Air Terjun Efrata,tingginya Sampuran Efrata mencapai 30 meter dengan tumpahan air yang cukup melimpah.

Pepohonan yang rimbun masih mengelilingi air terjun tersebut dan masih terdengar suara kicauan burung.Saat 

malam hari, akan muncul kedap kedap bagaikan lampu seperti kunang-kunang.Sinarnya yang menyala berkedip itu, menambah pemandangan semakin menarik.

Sebenarnya,yang cukup menarik dan ciri khas Air Terjun Sampuran Efrata adalah suara airnya yang jatuh dari ketinggian hampir 30 meter.Makanya,kalau bawa anak anak, pasti bertanya suara apa itu....

Nah...semakin dekat suara air yang semakin jelas terdengar dan percikan airnya pun bakal mengenai pakaian kita dan rasa dinginnya bait pun terasa di kulit.Bagi anak anak, percikan air itu semakin menarik dan makin tertantang untuk mandi di air terjun.

Kesempatan berfoto foto pun menampilkan berbagai keindahan air terjun menambah kemeriahan bagi para pengunjungnya.

Secara fasilitas tersedia seperti lokasi parkir, tempat duduk bagi rombongan dan jualan makan dan minuman ringan.

Menurut penuturan Rumintang, salah seorang pengunjung mengatakan biasanya rombongan sudah menyiapkan makanan dan minuman Cuma yang panas panas tersedia di lokasi misalnya teh manis dan kopi agar badan hangat usai mandi. 

Menurutnya, air terjun Sampuran Efrata sangat keren. Bagaikan permata yang tersembunyi di balik perbukitan di antara indahnya kawasan Danau Toba.

“Tumpahan airnya yang melimpah dan deras menjadi daya tarik tarik tersendiri bagi pengunjung"tutur Rumintang yang membawa anak anak dan anggota keluarga dekat lainnya,Minggu(27/3).

Sumber air terjun itu dikatakan dari beberapa aliran sungai sehingga katanya air terjun itu juga tidak pernah kering meskipun pada bulan-bulan tertentu terjadi musim kemarau..

Ada dua pilihan rute menuju air terjun Sampuran Efrata.Apabila yang datang dari Medan lewat Tele Kecamatan Harian lalu ke Desa Sosor Dolok lokasi air terjun.Kedua, seandainya dari Ajibata menyeberang danau ke Tomok menuju Pangururan maka menelusuri jalan dari Pangururan menuju arah Tele dan di tengah perjalanan coba lihat,ada plang penunjuk arah bertuliskan Kecamatan Harian lalu ke Desa Sosor Dolok.

Air Terjun Efrata ini termasuk salah satu objek wisata yang dikembangkan Pemkab Samosir.

Dan bila belum puas menikmati keindahan alam Samosir, masih  bisa melanjutkan perjalanan ke arah Kampung Sihotang.

Sampai di Sihotang,bisa menyeberang naik Ferry kayu menuju Pintubatu untuk mandi air hangat belerang.

Silahkan nikmati suara gemericik air terjun dan dinginnya air terjun Air Terjun Sampuran Efrata.(rd)

×
Berita Terbaru Update