Notification

×

Iklan

Iklan

Besok,Mendagri Lantik 5 Pj Gubernur: Mantan Kapoldasu Paulus Waterpauw Menjadi Pj Gubernur Papua Barat...

11 Mei 2022

 

Jakarta,DP News

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian direncanakan akan melantik lima penjabat (Pj) gubernur untuk lima provinsi Kamis (12/5) besok. 

Berdasarkan sumber CNNIndonesia.com, ada lima provinsi yang telah ditunjuk penjabat gubernur oleh pemerintah pusat untuk dilantik besok. Lima wilayah itu adalah provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat.

Sebagai informasi, gubernur definitif di lima wilayah itu masa jabatannya akan berakhir pada 12 Mei 2022. Sebagai penggantinya, pemerintah menunjuk penjabat gubernur hingga digelarnya Pilkada serentak 2024 mendatang.

"Benar [Bangka Belitung, Banten, Sulbar, Gorontalo dan Papua Barat]. Karena masa jabatannya habis 12 Mei," kata sumber tersebut kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/5).

Meski demikian, sumber itu enggan untuk membeberkan siapa saja nama-nama lima penjabat gubernur yang akan dilantik Tito esok.

Terpisah, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memastikan pelantikan penjabat gubernur yang digelar besok akan dipimpin Tito selaku Mendagri, bukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"[Dilantik] oleh Mendagri," kata Heru.

Sebagai informasi, baru satu nama yang menguat yang akan dilantik sebagai penjabat gubernur. Yakni Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar sebagai Penjabat Gubernur Banten.

Penunjukan penjabat gubernur di sejumlah daerah ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan kekuasaan. Presiden Joko Widodo sebelumnya telah meminta jajaran menterinya agar menyiapkan penjabat pengganti gubernur, bupati, dan wali kota yang masa jabatannya habis pada 2022.

Jokowi mengatakan pada tahun ini terdapat 101 pengganti kepala daerah yang mesti disiapkan dengan rincian 7 gubernur, 76 bupati, dan walikota. 

Berikut ini daftar lengkap 5 penjabat (Pj) gubernur yang akan dilantik besok sebagaimana dikutip dari detik news.com adalah

1. Pj Gubernur Banten, Dr. Al Muktabar, M.Sc (Sekretaris Daerah Banten)
2. Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin (Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM)
3. Pj Gubernur Sulawesi Barat, Drs. Akmal Malik, M.Si (Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri)
4. Pj Gubernur Gorontalo, Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si. (Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga)
5. Pj Gubernur Papua Barat, Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Drs. Paulus Waterpauw (Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kementerian Dalam Negeri) yang juga mantan Kapolda Sumut. 

Khusus di Sumatera Utara, ada 2 bupati/walikota berakhir masa jabatannya 22 Mei nanti yakni Bupati Tapteng dan Walikota Tebingtinggi.Kabarnya, Gubsu Edy Rahmayadi sudah mengusulkan 6 nama calon Pj Bupati/Walikota ke Kemendagri.(CNN Indonesia/detiknews.com/DPN) 


×
Berita Terbaru Update