Notification

×

Iklan

Iklan

Masih Ada Daerah di Sumut Yang Realisasi APBD-nya 10 Persen....

31 Mei 2022

Medan, DP News

Secara umum,sampai Mei, serapan anggaran daerah seluruh kabupaten/kota di Sumut sekitar 19,06%. Kabupaten/kota tertinggi penyerapan anggaran belanjanya antara lain Kota Tanjungbalai, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Serdangbedagai.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi pada Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi APBD Kabupaten/Kota dan pembangunan infrastuktur di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Selasa (31/5). 

Dari kondisi tersebut Edy menyayangkan masih ada kabupaten/kota yang anggaran belanjanya baru 10%. "Harusnya ini sudah 50%, ini masih ada yang 10%, " ucapnya. 

Terkait dengan pertumbuhan ekonomi, diperlukan sinergi dari setiap pihak. Menurutnya. Tanpa hal tersebut, pertumbuhan ekonomi tidak akan meningkat. "Bupati/walikota tanpa ikut menyertakan Forkopimda, omong kosong ini berjalan dengan baik, " kata Edy. 

Untuk itulah,Edy mendorong seluruh kabupaten/kota mempercepat penyerapan anggaran daerah. Hal itu dilakukan guna memacu pertumbuhan ekonomi di Sumut. 

Saat ini angka pertumbuhan ekonomi sudah sebesar 3,90%. Selama pandemi, pertumbuhan ekonomi terganggu bahkan sempat berada pada posisi minus. Pandemi juga mengakibatkan berkurangnya investasi yang masuk ke daerah ini. Maka salah satu cara meningkatkannya adalah dengan mempercepat serapan anggaran. 

 penyerapan ini segera, kalau tidak di tengah masyarakat ini tidak ada uang, nanti terjadi deflasi, kita repot," kata Edy.

Berdasarkan catatan pemerintah pusat, diperkirakan ada Rp400 triliun anggaran yang digunakan untuk membelanjakan produk dalam negeri. Sekitar Rp200 triliun berasal dari belanja pemerintah daerah.

Rakor ini dihadiri undur Forkopimda Sumut, bupati/walikota se-Sumut serta pejabat lintas sektoral lainnya. (Rd)

×
Berita Terbaru Update