Notification

×

Iklan

Iklan

Fraksi Partai NasDem DPRD Medan Setujui Ranperda LPj APBD TA 2021: Suarakan Pemutihan Tunggakan BPJS Kesehatan ke Pemerintah Pusat...

27 Juni 2022
Foto: Jurubicara Fraksi Partai NasDem DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor Saat Membacakan Pendapat Akhir Fraksi Dalam Rapat Paripurna, Senin(27/6)) Tums
Medan,DP News


Fraksi Partai NasDem DPRD Medan dalam pendapat akhirnya yang dibacakan juru bicara Antonius Devolis Tumanggor setujui Ranperda LPj APBD TA 2021,Senin(27/6).Pendapat akhur Fraksi tersebut disampaikan dalam rapat paripurna dewan yang dipimpin Ketua DPRD Hasyim, SE didampingi wakul Ketua dewan Rajuddin Sagala, Ihwan Ritonga, dan Bahrumsyah.


Pendapat akhir Fraksi Partai NasDem yang menerima dan menyetujui Raperda LPj APBD TA 2021 ini ditandai dengan 13 catatan untuk mendapat perhatian jajaran Pemko Medan.

Salah satunya mengenai banyaknya masyarakat penunggak iuran dan denda BPJS Kesehatan akibat ketidakmampuan ekonomi keluarga pasca pandemi Covid-19. Tidak tanggung tanggung, ada yang menu nggak sampai Rp 18 juta sehingga dirasa mustahil untuk mengutip tunggakan tersebut. 


Untuk itu Fraksi Partai NasDem mengusulkan kepada pemerintah pusat pemutihan tunggakan BPJS Kesehatan atau langkah keringanan cukup bayar 3-6 bulan dan tunggakan dianggap lunas. 

Masih kondisi masyarakat, Fraksi Partai NasDem mengusulkan pemutihan ataupun pengurangan tunggakan uang SPP yang sangat dikeluhkan orang tua siswa. Fraksi NasDem minta Pemko Medan untuk menyurati pihak pengelola sekolah swasta memberi keringanan tunggakan uang sekolah dari 30-59 persen. 


Juru bicara Fraksi NasDem Antonius Tumanggor juga mengusulkan agar BPKAD Medan cermat mengurusi aset daerah agar jangan sampai dikuasai perorangan.BPKAD diingatkan agar jangan terulang kembali kejadian Pemko Medan kalah dalam sidang sengketa mempertahankan aset yang seharusnya milik Pemko Medan. 


Di sisi lain perlunya pemerataan pembangunan infrastruktur seperi jalan dan drainase karena ada keluhan dari masyarakat ketidakmerataan pembangunan infrastruktur. Juga keluhan LPJU padam yang dikhawatirkan berdampak meningkatnya angka kriminalitas.Untuk itu perlu penambahan tiang LPJU di sejumlah titik di Kota Medan. 


Di hadapan Walikota Medan Bobby Nasution dan Wakil Walikota Aulia Rachman pimpinan OPD dan Forkopimda Medan,juru bicara Fraksi Partai NasDem DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor dalam pendapat akhirnya dengan tegas menyatakan menerima dan menyetujui LPj APBD Medan TA 2021.


Secara umum rincian APBD TA 2021 adalah Pendapatan Rp5 T lebih dengan belanja Rp4, 49 T dan surplus Rp523,93 M.Sementara Pengeluaran Netto Rp 622, 6 M sehingga SILPA sebesar Rp 1,14 T. 


Walikota Medan Bobby Nasution mengucapkan terimakasih atas persetujuan dari fraksi fraksi terhadap pertanggungjawaban APBD TA 2021.Ke depannya diharapkan pengelolaan keuangan semakin efektif, efisien dan berkarakter 'APBD Rakyat' dan ' APBD Kesejahteraan'. 


Rapat paripurna dewan ini ditandai dengan penandatanganan keputusan persetujuan Ranperda menjadi Perda pertanggungjawaban keuangan TA 2021.(rd) 





































×
Berita Terbaru Update