Notification

×

Iklan

Iklan

Sungai Deli Meluap, Sei Putih Barat Kebanjiran: Kepala BWSS II dan Topan Ginting Identifikasi Penyebab Banjir....

23 Juni 2022
Foto: Kadis PU Medan Topan Obaja Ginting Bersama Camat Medan Petisah Tinjau Banjir di Sei Putih Barat,Kamis(23/6) Dinihari
Medan,DP News


Kepala BWSS II, Mohammad Firman, S.T., M.T, mengatakan dalam beberapa hari ini Medan diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi sehingga mengakibatkan Rabu (22/6) malam hingga,Kamis(23/6) dinihari banjir di beberapa lokasi seperti di Kelurahan Sei Putih Barat Kecamatan Medan Petisah yang diterpa banjir akibat luapan air Sungai Deli, Rabu (22/6) kemarin malam.


Firman bersama Kadis PU Medan Topan Ginting, SSTP, MSP melakukan peninjauan,Kamis sore. untuk mengetahui secara pasti  penyebab banjir. Dengan mengetahui penyebabnya, lanjut Firman, akan ditentukan pula bagaimana penanganannya secara teknis.


"Kami dengan Dinas PU Kota, unsur camat, dan lurah setempat telah mengidentifikasi lokasi yang terkena banjir tersebut dan berkoordinasi untuk menentukan penanganan seperti apa yang akan dilakukan," ujarnya. 


Sebelumnya,Topan pun menyusuri aliran Sungai Deli di Medan Petisah hingga dinihari. Setelah langsung turun ke lokasi, Topan pun langsung berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II. Setelah berkoordinasi, Topan bersama Kepala BWSS II, Mohammad Firman, S.T., M.T. Kamis (23/6) sore kembali turun ke lokasi.  


Peninjauan diawali di Jalan Batu Tulis Kelurahan Sei Putih Barat lalu berlanjut ke Titi Sei Sikambing, Jalan Gatot Subroto. Turut dalam peninjauan itu Camat Medan Petisah, Kepala UPT Wilayah Barat Dinas PU Medan, dan Lurah Sei Putih Barat.


Usai peninjauan tersebut, Topan OP Ginting mengungkapkan apresiasi pada pihak BWSS II atas jalinan kolaborasi yang sinergis dalam penanganan banjir di Medan. Memang, lanjutnya, penangangan banjir di Medan harus dilakukan secara komprehensif, tidak bisa parsial-parsial.

Foto: Kepala BWSS II M Firman Bersama Kadis PU Medan Topan O Ginting Tinjau Lokasi Banjir di Sei Putih Barat, Kamis(23/6) Sore/

"Tentunya kita tahu bersama, kewenangan pengelolaan sungai dan drainase primer itu ada di BWSS II. Untuk itu, kita harus sepakat dulu, kemudian pengerjaannya juga harus berkesinambungan, tidak boleh terpisah-pisah, harus bersama," ucapnya.


Topan mengatakan, hasil diskusinya dengan Kepala BWSS II menghasilkan kesepakatan, bahwa penanganan banjir ini dilakukan secara komprehensi. Kolaborasi antara Pemko Medan dengan BWSS, tambahnya, tentu akan melahirkan hasil yang maksimal.  


"Tadi kita sudah diskusi dengan Kepala Balai, kita akan selesaikan ini secara komprehensif. Dan hasil dari monitoring hari ini akan kita laporkan kepada Pak Wali Kota, Bobby Nasution. Selanjutnya nanti, mana yang menjadi bagian kota akan kita selesaikan, mana yang jadi bagian BWSS pasti akan diselesaikan BWSS. Kalau kita berkolaborasi pasti kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. 


Camat Medan Petisah, Budi Ansary Lubis mengatakan tidak lama setelah menerima laporan, Pak Kadis PU langsung turun dan melakukan peninjauan mulai pukul sebelas malam hingga pukul 03.00 WIB dinihari.(rd)







×
Berita Terbaru Update