Notification

×

Iklan

Iklan

8 Parpol Dinyatakan Berkas Lengkap: PDI P dan Partai NasDem Sudah Lengkap....

04 Agustus 2022

Jakarta,DP News

Sebelas partai politik (parpol) telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi peserta Pemilu 2024.Meski demikian, baru delapan parpol yang resmi berstatus terdaftar. Tiga partai lainnya masih melakukan perbaikan berkas.


"Dari 11 itu, yang sudah diterbitkan berita acara yang menyatakan bahwa dokumen pendaftarannya dinyatakan lengkap dan statusnya sudah di daftar itu ada sementara ini delapan partai politik," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari pada jumpa pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (4/8).


Tiga partai yang masih harus melengkapi berkas adalah Partai Reformasi, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai).


Sementara itu, delapan parpol lainnya berhak melanjutkan ke tahap verifikasi administrasi. KPU akan mengecek keabsahan berkas dari setiap partai politik.


Masa pendaftaran akan ditutup pada 14 Agustus. KPU akan mengumumkan parpol yang lolos verifikasi administrasi dan berhak mengikuti verifikasi faktual.


Dalam verifikasi faktual, KPU akan mengecek langsung ke lapangan terkait sejumlah persyaratan. Beberapa di antaranya adalah keterwakilan di 34 provinsi, 75 persen kabupaten/kota, dan 50 persen kecamatan.


Berikut daftar partai politik yang telah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 hingga Rabu (3/8):

Berkas lengkap

1. PDIP

2. PKP

3. PKS

4. Perindo

5. Partai NasDem

6. PBB

7. PKN

8. Partai Garuda

Berkas belum lengkap

1. Partai Reformasi

2. Prima

3. Pandai. 


Sementara itu, Sekretaris Jenderal KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno dan Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU RI Eberta Kawima, menyampaikan bahwa Sekretariat KPU telah membentuk 8 tim yang terdiri dari 6 tim verifikasi administrasi, 1 tim dukungan umum, dan 1 tim helpdesk.Dia meminta kepada seluruh koordinator tim verifikasi agar dapat bertanggungjawab terhadap timnya masing-masing. 


“Koordinator tim bertanggung jawab terhadap tim masing baik secara personel maupun substansi pekerjaan, semua tim sudah memahami cara kerja melakukan verifikasi administrasi, kemudian juga untuk jam kerja disini setiap hari, kecuali hari libur apabila tidak ada hal mendesak,” buka Bernad.(Tim DP/TS/d) 














































×
Berita Terbaru Update