Notification

×

Iklan

Iklan

Lomba Membuat Makanan Tradisional Batak 'Hinopingan' Dipadu 'Itak Putih' di Onanrunggu

15 Agustus 2022
Foto:Inilah Hasil Lomba Membuat Makanan Tradisional Batak Toba Hinopingan dan Itak Putih di Onanrunggu, Senin(15/8) /Hens

Samosir,DP News

Perlombaan pembuatan makanan tradisional khas Batak Toba mendapat antusiasme dari kaum ibu dari 13 TP PKK Desa di Kecamatan Onan Runggu,Senin (15/8). 


Makanan tradisional Hinopingan ini merupakan salah satu makanan khas Batak Toba yang sudah terkenal sejak dahulu kala.Hinopingan ini terbuat dari beras, kunyit, kelapa dan pisang batak saja lalu ditumbuk di dalam lesung dan bentuknya juga seperti lesung .Hinopingan ini di sebut juga di bahasa Toba 'Ni hindat ni andalu' .


Ketua PKK Kecamatan Onan Runggu Merdekawaty Simajuntak mengadakan perlombaan membuat makanan ini untuk memeriahkan HUT ke-77 RI sekaligus melestarikan makanan khas Batak Toba bagi kalangan generasi muda. 


Hinopingan ini biasanya berpasangan dengan itak putih yang di bentuk dengan kepalan tangan dan harus nampak bekas 5 jari tangan, makanan ini biasanya di hidangkan dalam acara acara yang khusus seperti pada waktu menabur benih padi,jiarah dan pada saat acara hahomion.

Camat Onan runggu Agus Bonar P Gultom sangat mengapresiasi kebersamaan para ibu ibu PKK dari 12 Desa se Kecamatan Onan Runggu yang semangatnya dalam perlombaan ini sangat luar biasa .

Foto:
Kaum Ibu Lomba Membuat Makanan  Tradisional Batak Toba Hinopingan dan Itak Putih di Onanrunggu,Senin(15/8) /Hens

 
Camat mengucapkan terimakasih atas kebersamaan PKK dan mudah mudahan kedepan tambah meningkat lagi tali persahabatan antar PKK se-Kecamatan  Onan Runggu.(hen/r)























×
Berita Terbaru Update