Notification

×

Iklan

Iklan

Pasar Murah di 151 Kelurahan,Harga Telur Rp1. 100 Per Butir, Bobby: Dari DAU dan DBH.. .

20 September 2022
Foto: Pasar Murah Secara Simbolis Dibuka Walikota Medan Bobby Nasution, Selasa+20/9) di Kantor Lurah Sei Agul/Tums
Medan,DP News                  

Pasar murah di 151  kelurahan di Kota Medan menjual 4 bahan pokok (Bapok) yakni beras, minyak goreng, gula pasir dan telur yang harganya di bawah harga pasar.Langkah ini membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari akubat penyesuaian harga BBM, mulai 20-27 September nanti. 


Di pasar murah tersebut,harga bahan pokok dijual terbilang murah seperti beras 5 kg dijual dengan harga Rp.47.500, sedangkan harga di pasaran mencapai Rp58.000-Rp60.000). Kemudian, gula pasir Rp. 12.100/kg  (harga pasar Rp.14.000/kg), telur 1 papan 33.000/papan (Rp.1.100/butir), sementara harga pasaran Rp.48.000/papan. Begitu juga dengan minyak goreng kemasan sederhana dijual dengan harga Rp.10.500/liter.


Walikota Medan M Bobby Nasution membuka  secara simbolis pasar murah di Kantor Kelurahan Sei Agul, Jalan Danau Laut Tawar, Kecamatan Medan Barat,Selasa (20/9).


Kehadiran pasar murah ini katanya sebagai menindaklanjuti Instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk menangani dampak yang terjadi akibat penyesuaian harga BBM beberapa waktu lalu.


"Jadi, sesuai instruksi presiden, pemerintah daerah dapat menggunakan minimal 2% Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH). Itu angka minimal,” katanya. 


Namun untuk pasar murah ini, jelas Bobby, Pemko Medan menggunakan lebih dari 5 % untuk dialokasikan penggunaannya yang ditujukan bagi masyarakat.Mudah-mudahan kehadiran pasar murah ini dapat membantu masyarakat,harapnya.


Selanjutnya kepada seluruh camat dan lurah baik yang hadir langsung maupun melalui sambungan virtual, menantu Presiden Joko Widodo ini berpesan untuk memastikan bahwa bahan pokok yang ada di Pasar Murah Pemko Medan benar-benar tepat sasaran kepada  masyarakat yang membutuhkannya.


“Sementara itu untuk subsidi  akan kita berikan kepada angkutan kota (angkot) karena mengalami kenaikan tarif. Kita akan berikan subsidi Rp.1.500 bagi masyarakat yang menggunakan jasa angkot. Jadi, masyarakat cukup membayar Rp.5.000 saja,” terangnya.


Usai pembukaan, Bobby selanjutnya meninjau stand penjualan bahan pokok yang  telah diserbu oleh masyarakat tersebut. Di tengah antusiasme masyarakat untuk membeli bahan pokok yang tersedia, orang nomor satu di Pemko Medan itu  juga memberikan secara gratis beras dan gula pasir kepada sejumlah ibu-ibu yang mengaku senang dengan kehadiran pasar murah yang digelar Pemko Medan tersebut.(Dlk/r) 
























×
Berita Terbaru Update