Notification

×

Iklan

Iklan

Dua Gubernur Menjadi Capres: Ganjar Pranowo Didukung PSI, Anies Baswedan Didaulat Partai NasDem

03 Oktober 2022
Foto: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Jakarta,DP News

Kini giliran Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menetapkan hati untuk mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) dalam Pemilu 2024.


Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan Ganjar ditetapkan melalui mekanisme penjaringan Rembuk Rakyat sejak akhir Februari 2022.


"Dari hasil Rembuk Rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres PSI di tahun 2024," kata Grace dalam jumpa pers daring, Senin (3/10).


PSI juga memilih nama lain sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024. PSI memilih putri kedua Presiden ke-5 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zanuba Arifah Wahid alias Wahid untuk mendampingi Ganjar.


Grace menilai Ganjar-Yenny sebagai kombinasi terbaik untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo setelah 2024. Ia berharap rakyat merestui keputusan PSI dengan mengusung dua sosok tersebut.


"Inilah pasangan yang akan didorong PSI untuk menjadi capres dan cawapres 2024 untuk mewujudkan Indonesia sebagai negeri yang adil dan toleran," ujarnya.


Penjaringan capres lewat Rembuk Rakyat dilakukan secara daring. Sejak dibuka Februari lalu, sedikitnya ada sembilan nama yang masuk bursa capres dari PSI.


Mereka yakni, Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Andika Perkasa, Ridwan Kamil, Tito Karnavian, Najwa Shihab, hingga Sri Mulyani Indrawati.


Pengumuman PSI ini bersamaan dengan keputusan NasDem mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.


Anies menyingkirkan dua nama lain dari hasil Rakernas NasDem yakni Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa. Anies pun telah menerima pinangan NasDem ini.

Sebagaimana diberitakan bahwa Partai NasDem sudah menentukan pilihan untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Deklarasi Capres disampaikan langsung Jetua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh, Senin siang. (Tim DP/CNN Indonesia) 

























×
Berita Terbaru Update