Notification

×

Iklan

Iklan

Humbahas 'Tidak Lagi Pusing Karena Gasing’: Inovasi Unggulan Belajar Matematika.. .

20 Oktober 2022
Foto: Inovasi Unggulan ' Tak Lagi Pusing Karena Gasing' Dipresentasikan di Lomba Inovasi Daerah Tingkat Sumut,Kamis(20/10)/Erws
Humbahas, DP News

'Tak Lagi Pusing Karena Gasing’.Itulah inovasi unggulan daerah yang diusung Pemkab Humbahas dalam Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 yang diselenggarakan Balitbang Sumut di Ruang Command Center Sumut Smart Province,Kamis(20/10).


Mengambil judul ‘Tak Lagi Pusing Karena Gasing’, inilah yang dipresentasikan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.Idenya, dilatarbelakangi pengalaman selama ini pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ditakuti para siswa.


Kemudian kurang pahamnya para siswa dalam berhitung cepat karena kurangnya minat belajar para siswa dalam mata pelajaran matematika. Hal ini juga diperkuat dengan Indonesia berada diurutan 72 dari 78 negara saat PISA tahun 2018 yang dilaksanakan oleh OECD, yang artinya rata-rata kemampuan numerasi siswa Indonesia sangat rendah.


Menyikapi kondisi tersebut,muncullah inovasi yang diberi nama ‘Tak Lagi Pusing Karena Gasing’ dengan menjalin kerjasama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya 

asuhan Prof. Yohannes Surya.


Dalam presentasinya,Dosmar optimis bahwa inovasi ini dapat mengubah cara berpikir anak tentang mata pelajaran matematika. Siswa akan lebih kreatif, inovatif dan percaya diri. Inovasi ini juga membuat cara mengajar dan belajar matematika lebih mudah sehingga nantinya tercipta generasi tanggap dan cepat berhitung.


Dosmar Banjarnahor mempresentasikan Inovasi Unggulan Daerah Humbang Hasundutan ini langsung di hadapan dewan juri.Tentunya dengan didampingi Sekda Humbang Hasundutan Drs Tonny Sihombing, M.IP, Asisten Administrasi Umum Drs. Janter Sinaga, Kadis Pendidikan Drs. Jhonny Gultom dan Kepala Bappelitbangda Pahala Hamonangan Lumban Gaol, ST,MSc.M.Eng.


Secara umum, paparan ini disambut positif para dewan juri karena cukup jarang saat ini sebuah daerah membuat inovasi di dunia pendidikan. Para juri juga mengharapkan agar metode gasing ini untuk terus diterapkan di seluruh sekolah di Kabupaten Humbang Hasundutan.Erws/Redaksi























×
Berita Terbaru Update