Notification

×

Iklan

Iklan

Sabtu,Buku Guru Patimpus Diluncurkan: Minggu Pemugaran Makam di Hamparan Perak...

19 Oktober 2022
Foto: Ketua DPRD Medan Zusrahi Makam Guru Patimpus Beberapa Waktu Lalu
Medan, DP News       

Ketua Panitia Media Release, Book Launching dan Pemugaran Makam Geriten Guru Patimpus S Pelawi Dr John Peter Roy Kaban mengatakan launching buku 'Guru Patimpus' dilaksanakan, Sabtu(22/10) di Hotel Danau Toba. 


Buku Guru Patimpus Pelawi akan diluncurkan di Hotel Danau Toba, Sabtu (22/10) dan menandai Pemugaran Makam Guru Patimpus Pelawi di Hamparan Perak,Minggu (23/10).


Peluncuran buku Pendirian Kota Medan itu akan mengundang sejumlah kalangan.Menyangkut pemugaran makam diharapkan saat Kerja Tahun Merdang Merdem Kota Medan Tahun 2023 nantinya pemugaran makam sudah selesai," harap John Peter.


Sebelumya,saat bertemu dengan Anggota DPRD Medan Wong Chun Sen dikisahkan bahwa moyang kami ini adalah Datuk besar, lanjutnya. Ia bisa menyembuhkan orang sakit. Kemudian, nama yang dulu aslinya adalah Kuta Madan, berubahlah menjadi Kota Medan.


Kami bersama Ketua dr. John Piter Roy Kaban bersama 4 garis keturunan Guru Patimpus selanjutnya akan membuat program sosialisasi kepada masyarakat kota Medan, siapa nama pendiri kota Medan itu. Ia juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Walikota Medan, Ketua DPRD Sumut dan Ketua DPRD Medan.


“Nantinya kami akan berkolaborasi dengan Kepala Dinas Pendidikan mulai dari Sekolah Dasar, SMP, SMA hingga ke perguruan tinggi, juga akan membuat launching besar-besaran di kota Medan. Akan kami perkenalkan lagi siapa pendiri Kota Medan dan bagi-bagi buku gratis kepada masyarakat. Nantinya akan dilibatkan juga teman-teman Wartawan dari media cetak, online dan elektronik, media internasional juga akan diundang. Intinya, disini kita turut membantu Walikota Medan agar masyarakat tidak melupakan sejarah,” kata Sidarta Sembiring Palawi.


Wong Chun Sen menyampaikan untuk sejarah pendiri Kota Medan ini diharapkan kepada Pemerintah Kota Medan agar segera diusulkan ke dalam pendidikan dasar seperti di pendidikan sejarah.


“Saya minta agar Pemko Medan mengusulkan agar dimasukkan ke pelajaran sejarah tentang Kota Medan. Ini sangat baik jika dijadikan pendidikan dasar untuk mengenal lebih dekat tentang Kota nomor 3 terbesar di Indonesia ini. 


Sebelumnya juga Ketua DPRD Medan zhasyim, SE sudah mengunjungi makam Guru Patimpus di Hamparan Perak. 


Untuk itu, mereka  berharap kehadiran Walikota  Medan sekaligus membuka peluncuran buku sekaligus peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti saat pemugaran makam Guru Patimpus Pelawi. 

Yusa/Redaksi

























×
Berita Terbaru Update