Notification

×

Iklan

Iklan

Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Diharapkan Mampu Beri Efek Domino Terhadap Masyarakat Sekitar

16 November 2022

 

Foto:Anggota Komisi VI DPR RI Ananta Wahana
Jakarta,DP News

Anggota Komisi VI DPR RI Ananta Wahana berharap proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera nantinya dapat memberikan efek domino terhadap masyarakat sekitar, khususnya kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab, untuk penugasan pembangunan jalan tol tersebut, PT Hutama Karya menerima suntikan dana PMN Tunai Tahun 2022 periode I sebesar Rp23,85 miliar yang sedang dalam proses pencairan, dan periode II sebesar Rp7,5 triliun dari dana cadangan pembiayaan investasi.


"Proyek JTTS ini kira-kira sepanjang 2.800 kilometer memang akan memberikan konektivitas Pulau Sumatera secara lebih efisien, kemudian lebih lancar, logistiknya juga akan lebih bagus. Tetapi, karena ini proyek yang tidak menguntungkan, saya berharap ini juga memberikan peluang bagi rakyat, khususnya UMKM," ujar Ananta dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), terkait Pendalaman PMN Tunai tahun 2022, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta,Rabu (16/11).


Lebih lanjut, Ananta mengingatkan bahwa dalam Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 juga dijelaskan bahwa wajib bagi kementerian/lembaga untuk memberikan tempat promosi dan pengembangan usaha yang strategis bagi UMKM paling sedikit 30 (tiga puluh) persen dari total luas area komersial tersebut.


"Karena kalau nggak salah, PP 7 tahun 2021 ini kan memberikan fasilitas kepada UMKM. Tetapi fasilitas yang diberikan ini kami berharap diberikan yang strategis. Jangan sampai yang 30 persen ini hanya sisa-sisanya," imbuh Legislator Dapil Banten III ini.



Senada, Anggota Komisi VI Rudi Hartono Bangun menilai wajar jika penugasan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera diberikan pendanaan yang besar. Untuk itu pihaknya berharap jajaran PT Hutama Karya (HK) dapat serius mengerjakan proyek ini, terutama juga dalam memberikan efek domino terhadap masyarakat sekitar.


"Saya ingatkan ke jajaran HK, (agar) bagaimana Bapak bisa membuat banyak multiplier effect (efek domino) yang ditimbulkan di setiap kota-kota, mekanismenya bagaimana apakah di rest area atau pintu tol, atau gebrakan bagaimana. Sehingga nama baik HK dan produknya ini berjalan, diyakini oleh rakyat," jelasnya.Rahmat K/Redaksi
























×
Berita Terbaru Update