Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Korban Banjir Tinggalkan Posko Sementara: BPBD Medan dan Relawan Siap Siaga.. .

19 November 2022
Foto: Petugas BPBD Medan Dengan Menggunakan Perahu Karet Evakuasi Korban Banjir,Sabtu(19/12) Dinihari/BPBD
Medan,DP News

Cuaca di Kota Medan,Sabtu(19/11) sampai pukul 20.00 WIB sempat mendung namun tidak turun hujan.Kondisi ini membuat air makin surut dan warga terdampak banjir pun secara berangsur pulang ke rumah masing masing meninggalkan Posko Sementara. 


Sebelum membawa anggota keluarganya dari Posko Sementara, terlebih dahulu bersih bersih rumah dengan mengepel dan menjemur alat alat rumah tangga yang sempat terendam air. 


Kepala BPBD Medan HM Husni dikonfirmasi,Sabtu malam mengakui sebagian besar warga sudah pulang ke rumahnya dan sebelumnya sudah vetsih bersih rumah. 


"Sebagian besar sudah kembali ke rumah dan sudah bersih bersih" ujar Husni menjawab pertanyaan wartawan DP News. 


Menyikapi informasi dari BMKG curah hujan cukup tinggi melanda Kota Medan dan sekitarnya hingga Januari 2023, jelas Husni, selain kesiapsiagaan petugas BPBD Kota Medan dan para relawan untuk memberikan bantuan penanganan, juga diharapkan empati seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan agar menyiapkan kewaspadaan dini dalam menghadapi kemungkinan terjadinya banjir.


Dalam peristiwa banjir,Jumat malam ada beberapa titik yang menjadi konsentrasi evakuasi yakni Jalan Perjuangan, Kelurahan Hamdan, Aur dan Badur serta Perumahan Bumi Asri. Saat ini tim kita tengah melakukan evaluasi,. 


Selanjutnya Husni menjelaskan, warga yang dievakuasi di Jalan Perjuangan ditempatkan di Masjid Al Huda Lingkungan XIII. Saat ini, jelasnya, ada 31 warga yang ditampung di masjid tersebut dengan perincian bayi 2 orang, anak-anak 7 orang, dewasa laki-laki 4 orang dan dewasa perempuan 18 orang.


Husni selanjutnya mengungkapkan, sejauh ini tidak ada korban akibat banjir yang terjadi dan BPBD terus melakukan penyisiran untuk melakukan evakuasi, terutama di kawasan yang ketinggian air cukup tinggi. 


"Alhamdulillah, tidak ada korban akibat banjir dan kita terus melakukan evaluasi. Jika pun ada warga yang masih bertahan di rumahnya di pinggiran sungai, umumnya mereka melakukan penyelamatan dengan baik ke lantai dua rumahnya," jelasnya.Tumpal S/Redaksi























×
Berita Terbaru Update