Notification

×

Iklan

Iklan

64,3 Persen Peserta Pelatihan Keterampilan Disnaker Medan Sudah Bekerja dan Wirausaha...

08 Januari 2023
Foto: Kadisnaker Medan Ilyan Chandra Simbolon/Tums
Medan,DP News

Para peserta pelatihan mengaku keterampilan mereka semakin bertambah.Ulfa, warga Medan jebolan pelatihan barista  mengakui berkat pelatihan yang digelar Disnaker ini, ilmu tentang kopi dan barista bertambah dan UMKM di bidang kopi kian berkembang.


"Berkat pelatihan ini ilmunya tentang kopi dan barista bertambah dan UMKM pun berkembang," tutur Ulfa,Minggu(8/1) mengenai manfaat pelatihan keterampilan yang digelar Disnaker Medan. 


Hermina Florensia Hutajulu,warga Medan Belawan ini mengatakan, selama dua puluh hari dia mengikuti pelatihan barista dan ilmu pengetahuannya tentang kopi dan barista kian berkembang katanya seraya mengaku saat ini telah bekerja di salah satu coffee shop di Medan. 


Sebelumnya, Disnaker Medan gencar melakukan pelatihan keterampilan para tenaga kerja di Kota Medan.Pelatihan tersebut telah membuahkan hasil dimana 64,3 persen peserta pelatihan telah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keterampilan dimiliki.


Dari 64,3 persen peserta pelatihan tersebut telah bekerja sesuai dengan keterampilan dalam pelatihan sedangkan 35,7 persen masih dalam proses.


Kadis Ketenagakerjaan Medan Ilyan Chandra Simbolon menyebutkan pelatihan-pelatihan ini ada dilakukan Disnaker Medan sendiri,ada pula kolaborasi dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Medan.  

Foto: Salah Seorang Peserta Pelatihan Barista Kopi Mengaku Ilmunya Bertambah,Minggu(8/1)/Tums 

"Sekitar 64,3 persen peserta yang telah bekerja itu terdiri dari 49,1 persen yang berwirausaha dan 15.2 persen bekerja di perusahaan," rincinya.  


Disnaker  Medan telah pelatihan mesin pendingin, desain grafis dan sablon, tata boga, perhotelan dan pariwisata, content creator, pra pelatihan magang ke luar negeri, food and beverages, digital marketing, barbershop, K3 Umum dan operator alat berat.


Sedangkan pelatihan yang dilaksanakan secara kolaborasi dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Medan adalah housekeeping, cabinet maker, barista, spa therapist, autocad, produktivitas, housekeeping for medis, baritas, forklip dan MTU barista.

 

Chandra mengatakan, jenis pelatihan ini dilakukan berdasarkan kebutuhan pasar kerja. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesenjangan kebutuhan pasar kerja dengan keterampilan dan kompetensi para pencari kerja.Tumpal S/Redaksi
























×
Berita Terbaru Update