Notification

×

Iklan

Iklan

Sergai Lumbung Beras di Sumut,Per Tahun Produksi 230 Ribu Ton Beras Dari 31.284 Ha Lahan Pertanian...

09 Januari 2023
Foto:Tanaman Padi di Desa Suka Beras,Sergai
Sergai,DP News

Kabupaten Serdang Bedagai(Sergai) termasuk daerah lumbung beras di Sumatera Utara dengan luas lahan pertanian 31.284 Ha yang mampu menghasilkan 363.623 ton gabah padi setara 230 ribu ton beras.


Salah satu desa pendek beras adalah Desa Suka Beras di Kecamatan Perbaungan.Desa Suka Beras ini merupakan salah satu wilayah penyokong status swasembada dan daerah lumbung padi Sumut yang melekat pada Kabupaten Sergai dengan lagu asal lahan pertanian 5.000 Ha. 


Kabupaten Sergai merupakan salah satu lumbung beras di Provinsi Sumut. Dan berdasarkan data statistik  menyebutkan pertania,pada Tahun 2021 lalu, produksi gabah padi yang dicapai sebesar 363.623 ton atau setara dengan 230 ribu ton beras. 


Sementara itu keterangan dihimpun,Senin(9/1) untuk mendukung program pertanian tersebut,Bupati Sergai Darma Wijaya belakangan ini aktif menggalakkan program cetak sawah baru. Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah agar lahan pertanian tidak makin lama tergerus dan makin mengecil tergeser karena maraknya lahan perkebunan.


SMK Pertanian

Di pihak lain,Gubsu Edy Rahmayadi berpendapat Desa Suka Beras perlu menjaga konsistensi produksi padi dan meneruskan ke anak cucu.Salah satu upaya meminta Camat dan Kepala Desa menyiapkan lahan untuk pembangunan SMK di Desa Suka Beras, 


Salah satu cara untuk menjaga produksi padi di desa ini adalah dengan mendirikan SMK pertanian. Ini juga akan meningkatkan perkembangan pertanian padi di Desa Suka Beras.


Serdangbedagai merupakan salah satu lumbung padi terbesar Sumatera Utara. Tahun 2021 berdasarkan angka statistik pertanian, Serdangbedagai mampu memproduksi 230 ribu ton beras.


"Adanya sekolah kita harapkan bisa mendorong pertanian di sini, khususnya padi, siapkan lahannya, administrasinya biar bisa kita bangun sekolahnya," kata Edy Rahmayadi saat berkunjung ke Desa Suka Beras.Syaiful/Redaksi
























×
Berita Terbaru Update