Larangan Keluar Rumah: DPRD Minta Pemko Medan Berikan Bansos Bagi Warga Kurang Mampu


Medan,DP News
Ketua DPRD Medan Hasyim SE dorong Pemerintah Kota (Pemko) Medan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu di Medan. Banyak warga tidak bisa mencari nafkah dan kesulitan ekonomi dikarenakan anjuran pemerintah tidak boleh keluar rumah akibat wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
“Kita harapkan bantuan sosial dari Pemko Medan kepada warga kurang mampu yakni pekerja harian dan supir angkot dapat terlaksana,” ujar Hasyim SE.
Dikatakan Hasyim, prohram itu sesuai himbauan Presiden RI Jokowi membetikan bantuan sosial kepada rakyat yang kesulitan ekonomi. “Anggaran untuk bantuan itu dapat bersumber dari APBD Pemko Medan. Seperti dari pos bencana alam dan kegiatan sosial lainnya,” terangnya.
Selain itu kata Hasyim, pihak swasta juga diharapkan dapat berpartisipasi memberikan bantuan kepada masyarakat. Jika ada pihak swasta yang berkeinginan memberikan bantuan dapat berkordinasi dengan Pemko Medan paling tidak dengan Kepling.
“Kita harapkan pihak swasta maupun BUMN peduli dengan kondisi kesulitan ekonomi rakyat saat ini,” sebut Hasyim.
” Kami bagian dari perwakilan rakyat siap untuk diajak kerjasama oleh Pemko Medan. Sebanyak 50 orang anggota DPRD Medan paham agar setiap wilayah pemilahan masing-masing kita harus bergerak bersama dan menyatukan strategi bersama untuk masyarakat Kota Medan yang umumnya masih banyak bekerja sebagai pekerja harian dan sektor lainnya,” ucap Hasyim.
“Kami dari DPRD Medan sangat mendukung bila Pemko Medan mengambil kebijakan untuk mengurangi beberapa pos anggaran untuk membantu masyarakat Kota Medan. Hal ini sesuai dengan maklumat dari pemerintah sendiri yang menyatakan agar pemberian bantuan bisa segera dilakukan termasuk dari APBD ,” ulang Hasyim lagi.
Sementara iu,Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan Sudari ST minta Pemko Medan gerak cepat mengatasi kesenjangan sosial di masyarakat akibat pemberlakuan lock down terbatas di Kota Medan. Seluruh aparat Pemko Medan mulai eselon II hingga Kepling supaya proaktif memantau situasi di lingkungan masing masing.
“Jangan sampai terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Mari ciptakan ketenangan dan suasana kondusif. Pemko Medan saatnya merealisasikan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ” ujar Sudari (foto) kepada wartawan, Sabtu (28/3).
Disampaikan Sudari, Ianya (red-DPRD Medan) siap berkordinasi bersama Pemko mencari solusi terbaik. “Saatnya Pemko membuat call centre kordinasi bersama DPRD Medan menyikapi semua ini,” pinta Sudari yang membidangi komisi kesehatan masyarakat itu.
Untuk itu, Sudari mendorong Pemko Medan bersama pemilik perusahaan dan BUMN di Medan memberikan perhatian kelancaran perekonomian dimasyarakat. “Ini masalah serius dan tidak ada yang bisa memprediksi sampai kapan,” jelasnya.(Rd)