Soal Virus Corona,Wong Chun Sen: Warga Medan Jangan Panik,Jaga Kesehatan

Medan,DP News
Anggota Komisi 2 DPRD Medan Drs Wong Chun Sen Tarigan,MPd.B berharap agar warga kota Medan tidak panik mengenai kabar virus Corona yang di informasikan telah sampai ke Indonesia. Wong Chun Sen juga menghimbau agar warga kota Medan mengurangi aktivitas diluar rumah jika tidak terlalu perlu.
” Jangan terlalu banyak melakukan aktivitas diluar rumah jika tidak terlalu penting, jaga kesehatan, makan-makanan yang bergizi dan sehat, sebelum makan terlebih dahulu mencuci tangan serta banyak meminum air mineral,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (4/3).
Masih disampaikan Wong, bahwa wabah virus Corona yang sudah menjadi trending topik membuat banyak masyarakat di dunia termasuk Indonesia khususnya Kota Medan menjadi panik. Untuk itu, politisi dari Partai PDI Perjuangan Kota Medan ini berharap segera mungkin, Pemerintah dan menteri kesehatan mencari solusi untuk menangkal penyebaran dari virus Corona agar tidak sampai menyebar ke seluruh Indonesia termasuk kota Medan.
Kepada Pemerintah kota Medan melalui dinas kesehatan Kota Medan, agar melakukan langkah-langkah dengan menghimbau seluruh, rumah sakit baik negeri dan swasta, puskesmas dan pustu untuk menyediakan masker bagi seluruh pasien maupun orang yang ada di lingkungan rumah sakit, Puskesmas dan Pustu. ” Langkah ini untuk mencegah terjadinya penularan penyakit lewat udara, seperti flu, termasuk virus yang sedang merebak dan membuat masyarakat ketakutan, selain itu di antisipasi juga masyarakat yang memborong sembako dalam jumlah besar,” terang Wong.
Selain itu, lanjut Wong, agar sarana dan prasarana rumah sakit dan puskesmas harus disiap siagakan, agar jangan sampai ketika ada korban, pelayanan kesehatan untuk penderita penyakit Corona tersebut tidak siap.
” Untuk sementara ini, bagi orangtua agar memberitahukan kepada anak-anaknya untuk tidak terlalu sering bersalaman terhadap orang yang baru dikenal atau bagi pendatang baik  dari dalam dan luar negeri. Istirahat yang cukup dan tetap tenang,” ujarnya.
Diketahui, dari informasi dari mass media yang diterima bahwasa nya, virus corona sudah sampai ke Indonesia dan isu yang beredar sudah ada korban dari warga Indonesia. Akibat informasi ini, warga masyarakat menjadi panik takut terkena virus yang dapat membunuh kekebalan manusia dan mematikan. Presiden RI, Joko Widodo juga telah mengintruksikan kepada menteri kesehatan dan jajarannya untuk mensosialisasikan gejala penyakit yang terkena virus Corona yang belum diketahui asal datangnya penyakit tersebut kepada masyarakat agar dapat mengantisipasi.
Presiden Joko Widodo juga meminta agar masyarakat Indonesia tidak panik dan tetap menjaga kesehatan.(Rd)