Paus Fransiskus Akan Misa Paskah Melalui Live Streaming

Jakarta,DP News
Untuk pertama kalinya, Paus Fransiskus akan melakukan misa Paskah melalui live streaming bagi 1,3 miliar umat Katolik di seluruh dunia pada Minggu (12/4).
Di tengah pandemi corona yang saat ini telah menelan lebih dari 100 ribu korban jiwa di seluruh dunia, satu-satunya audiens Paus di lapangan St. Peter di Vatikan nanti hanyalah kamera.
Padahal tahun lalu, ada sekitar 70 ribu umat Katolik yang menunggu misa Paskah dan pesan Paus "Urbi et Orbi" (Kepada Kota dan Dunia) di St. Peter. Paus juga melakukan tradisi mencuci kaki 12 narapidana di wilayah kumuh Roma pada Kamis Suci tahun lalu.
Tahun ini, gerbang masuk ke Vatikan ditutup dan dijaga ketat oleh polisi yang memakai masker dan sarung tangan karet.
Paus sendiri mengakui bahwa sama seperti semua orang, ia pun berjuang menghadapi situasi yang saat ini terjadi.
"Kita harus merespons isolasi dengan semua kreatifitas kita. Kita bisa menjadi depresi dan terasing, atau kita bisa menjadi kreatif," ujar Paus dalam sebuah wawancara di beberapa koran Katolik pekan lalu.
Paus juga mendoakan puluhan pendeta dan pekerja medis yang meninggal karena corona di seluruh Italia sejak awal Februari.
"Mereka adalah orang suci, pendeta yang merelakan hidup mereka dengan melayani," ujarnya.
Ia juga mengundang lima perawat dan dokter untuk menemaninya pada Jumat Agung, sebagai penghormatan bagi pengorbanan mereka.
Paus Fransiskus sudah dua kali melakukan tes Covid-19 sejak akhir Februari lalu.  (Rd/CNNIndonesia)