Peringatan HUT ke-75 RI di Samosir Tanpa Acara Kerakyartan dan Kemeriahan...


Samosir,DP News
Menjelang akhir tahun 2020, ada beberapa rangkaian acara perayaan dan peringatan hari-hari besar nasional maupun keagamaan. Perayaan dan peringatan hari-hari tersebut dilaksanakan berbeda dengan sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia. 
Perbedaan itu ditandai dengan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaannya. Kiranya penghayatan makna rangkaian acara perayaan dan peringatan tersebut pada masa pandemi Covid-19 mengingatkan kita bahwa pandemi telah merubah tatanan kehidupan bidang kesehatan, ekonomi, sosial, dan budaya,kata kadis komimfo Rohani Bakara dalam siaran persnya,Jumat( (14/8).
Dalam waktu dekat kita akan merayakan HUT RI ke-75 yang dapat diikuti secara virtual. Tahun ini, masyarakat tidak dapat merayakannya seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu berkerumun dan bergembira menyaksikan acara-acara kerakyatan dalam suasana meriah. Namun demikian, kita berharap meskipun demikian, penghayatan nilai-nilai kejuangan para pahlawan pendiri bangsa dapat kita manifestasikan dalam kemauan kuat untuk melakukan protokol kesehatan dengan konsistensi dan determinasi yang tinggi. 
Pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 10.17-10.20 WIB  selama tiga menit, segenap masyarakat wajib menghentikan aktivitasnya sejenak dan berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya. Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengimbau seluruh masyarakat untuk melakukannya dengan penuh penghayatan dan ingatan masa-masa sulit yang kita hadapi tahun 2020 agar tetap aman dari Covid-19,ajak rohani.
Selain perayaan dan peringatan hari-hari besar nasional maupun keagamaan, kita juga akan melaksanakan Pilkada serentak 9 Desember yang akan datang. Segala persiapan telah dilakukan untuk kelancaran pelaksanaannya. Satgas Penanganan Covid-19 Samosir juga mengimbau masyarakat dalam Pilkada serentak di Samosir mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan dan merayakan pesta demokrasi dengan tetap memelihara persatuan dan kesatuan di Samosir. 
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan kondisi perayaan dan peringatan hari-hari besar nasional dan keagamaan dengan penuh penghayatan meski kita berada pada kondisi pandemi Covid-19 yang berpotensi untuk menularkan bahaya infeksi demikian juga dengan mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020. Kita juga tetap mendoakan Samosir dan masyarakatnya tetap aman dari Covid-19 dan tetap zona hijau selama pandemi yang ditandai dengan meningkatnya disiplin warga melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten.  (ML-r)
Data Perkembangan Covid-19, Jumat (13/8)
Nasional
Konfirmasi : 2.307 orang (135.123)
Sembuh : 2.060 orang (89.618)
Meninggal Dunia: 53 orang (6.021)
Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi : 69 orang (5.427)
Sembuh : 101 orang (2.438)
Meninggal Dunia : 4 orang (240) 
Kabupaten Samosir
Suspek : 1 orang
Konfirmasi : Nihil
Sembuh : 1 orang 
Meninggal Dunia : Nihil