Satgas Covid-19 Samosir: Seluruh Keluarga Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan

Samosir,DP News
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir ajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap meningkatkan disiplin melakukan protokol kesehatan seperti pajaimasker, ,sering cuci tangan pakai sabun pada air mengalir dan jaga jarak interaksi ketika berada di ruang-ruang publik.
Tiga hal utama dari protokol kesehatan ini mutlak dilakukan di tengah-tengah tingginya jumlah kasus infeksi Covid-19 per harinya baik secara nasional maupun secara lokal (Sumatera Utara).
Himbauan ini disampaikan Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakara,Kamis(3/9).
Jika melihat kenyataan lapangan di beberapa ruang-ruang publik maka masih banyak ditemukan masyarakat yang abai tidak melakukan protokol kesehatan secara konsisten padahal potensi penularan dapat terjadi setiap saat.
Sesungguhnya, protokol kesehatan merupakan  hal yang mutlak dilakukan oleh seluruh masyarakat untuk mencegah terjadinya transmisi antara pembawa (carrier) dan orang yang berpotensi terpapar.
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengharapkan agar seluruh keluarga membangun disiplin melakukan protokol yang mana orang tua mengingatkan seluruh anggota keluarga untuk melakukan protokol kesehatan setiap harinya sebelum melakukan kegiatan di luar rumah.
Jika tanggung jawab ini dilakukan secara konsisten, maka akan tercipta disiplin keluarga, lingkungan, desa, kecamatan, dan kabupaten.Disiplin kabupaten inilah diharapkan tercipta melalui kebersamaan  di seluruh lini dan keluargalah yang menjadi “core” dari disiplin kabupaten ini,ajak Rohani.
Menurutnya,kebersamaan ini membutuhkan kerja sama yang solid di antara para tokoh adat,masyarakat,agama, para pengelola pendidikan, pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten dalam kesatuan tindak sehari-hari.
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir tetap berupaya bagaimana disiplin ini dapat ditingkatkan dari hari ke hari sambil menunggu hadirnya vaksin secara masif dan bebas pada waktu yang akan datang.
Kehadiran vaksin inilah satu-satunya menihilkan infeksi Covid-19 oleh karena itu sebelum vaksin ini tersedia maka satu-satunya yang dapat kita lakukan adalah meningkatkan disiplin melakukan protokol kesehatan secara konsisten dengan determinasi yang tinggi,katanya.(ML/r)
Data Perkembangan Covid-19, Kamis (3/9)
Nasional
Konfirmasi : 3.622 orang (184.268)
Sembuh : 2.084 orang (132.055)
Meninggal Dunia: 134 orang (7.750)
Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi : 141 orang (7.265)
Sembuh : 112 orang (4.283)
Meninggal Dunia : 3 orang (323)
Kabupaten Samosir
Suspek : Nihil
Konfirmasi : Nihil
Sembuh : 1 orang
Meninggal Dunia : 1 orang