Wabup Samosir Juang Sinaga : Program KB Sukses Berarti Kader PPKBD Berhasil di Palipi

Samosir,DP News
Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga memberikan arahan dan semangat kepada sukarelawan Petugas Pembantu Keluarga Berencana Desa (PPKBD) se-Kecamatan Palipi di Ruang Rapat Kantor Camat Palipi,Selasa(15/9).
Dalam arahannya, sebagai kader dan relawan PPKB, untuk bekerja dengan baik, tetap semangat dalam membangun kesadaran masyarakat dalam penerapan progran Keluarga Berencana.
PPKBD agar bekerja dengan tulus, memberikan pencerahan dan penjelasan kepada masyarakat tentang pentingnya progran Keluarga Berencana" kata wakil bupati.
Menurut Juang, suksesnya program keluarga berencana akan menjadi suatu keberhasilan bagi PPKBD. Dan perbuatan tersebut tentunya akan bermanfaat dalam menjaga kelangsungan dan keberhasilan anak khususnya di Kabupaten Samosir.
Dijelaskan,dengan menjaga jarak kelahiran, maka orangtua dapat merencanakan pendidikan dan masa depan anak karena keberhasilan dan kesejahteraan anak tidak terlepas dari jumlah anak dan jarak kelahiran,pesan wabup.
Dalam mewujudkan IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan) di bidang keluarga berencana, Pemkab Samosir melalui Dinas Dinas Pengendalian Penduduk dan KB  membentuk kader/relawan pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD).  PPKBD ini nantinya akan mengelola program kependudukan dan kb dalam upaya membangun keluarga sejahtera ditingkat desa.
IMP merupakan sebuah wadah pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan program kependudukan dan keluarga berencana dalam upaya membangun keluarga sejahtera di tingkat desa/ kelurahan ke bawah. Wadah ini secara nasional disebut PPKBD, Sub PPKB.
 ada 6 peran IMP yang akan dilaksanakan PPKBD dilapangan yaitu, pengorganisasian, pertemuan, KIE dan konseling, pencatatan pendataan dan pemetaan sasaran, pelayanan kegiatan dan kemandirian.(ML/r)