Gencarkan Secara Optimal Gerakan 3M di Kalangan Muda

Samosir,DP News

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melansir penyebaran virus Corona baru lebih banyak dipicu oleh kalangan usia muda antara 20 hingga 40 tahun yang tidak sadar bahwa mereka terinfeksi karena tidak memiliki gejala atau gejala ringan. Karena itu, sosialisasi pakai masker di kalangan anak muda harus terus digiatkan. Ini mengingat tingginya mobilitas anak muda dalam kehidupan sehari-hari.

Gerakan pencegahan melalui 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) Covid-19 mesti terus digencarkan secara optimal. Tak terkecuali di kalangan anak muda. Memakai masker sampai saat ini masih menjadi cara yang paling efektif untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Terkait tingkat keberhasilan gerakan 3M, Badan Pusat Statistik (BPS) telah melaksanakan survei online tentang tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Hasil survei yang melibatkan 90.967 responden itu, kepatuhan masyarakat untuk selalu memakai masker mencapai 91,98%, menggunakan hand sanitizer 77,71%, dan mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun 75,38%.hal dihimbau juru bicara gugus tugas prokol kesehatan covid-19 Rohani bakkara melalui Wa ( Waap shap),Sabtu(10/10)

Lebih lanjut,GTPP Covid-19 Samosir mengimbau orang-orang muda agar menghidupi gerakan 3M lebih konsisten agar kelompok rentan seperti anak-anak, para lansia, dan penderita penyakit penyerta dapat terhindar dari infeksi ketika berinteraksi dengan mereka karena sudah diproteksi dengan protokol kesehatan.

Dari segi imunitas, orang muda jauh lebih baik dibanding para lansia dan penderita penyakit penyerta; oleh karena itu, peran orang-orang muda sangat diperlukan untuk tidak menjadi pembawa infeksi karena abai menerapkan 3M ketika beraktivitas di luar rumah,ujarnya.

Selain itu, peran masing-masing keluarga untuk menjaga anak-anak, para lansia, dan penderita penyakit bawaan juga perlu diintensifkan dengan meningkatkan imunitas tubuh mereka dengan memberikan asupan makanan yang bergizi.

Untuk orang-orang muda (usia 20 s.d. 40 tahun), mari jangan lupa untuk tetap memakai masker, sering mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, dan menjaga jarak ketika berinteraksi di luar rumah. (ML- Heli/r)