Menlu Cina Nginap di Parapat,Wang Yi: Panorama Danau Toba Indah dan Sejuk...

Toba,DP News

Menteri Luar Negeri China Wang Yi bersama rombongan tiba di Toba,Selasa (12/1).Dalam rencana kunjungannya selama 2 hari di Toba, Wang Yi dan rombongan bersama Menko Maritim dan Investasi Luhut B Panjaitan mengawali kunjungannya ke Yayasan Del Sitoluama Kecamatan Laguboti.

Wang Yi bersama Luhut menyambangi sekolah SMA Unggulan Del Sitoluama,kemudian melanjuti ke Perguruan Tinggi (PT) Del yang berdekatan dengan sekolah SMA tersebut.

Di PT Del, Luhut memaparkan visi misi sekolah Del binaannya itu, dihadiri Kepala Daerah di kawasan Danau seperti Bupati Toba Ir Darwin Siagian, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Marbun, Sekda Toba Audy Murphi Sitorus SH, Sekda Taput dan sejumlah pejabat lainnya.
Dengan gurauan, Luhut menceritakan, Wang Yi adalah sahabatnya, sudah beberapa kali akan datang ke Toba, akan tetapi mengalami kendala,salah satunya adalah masa pandemi.

Pada kesempatan tersebut, Wang Yi merasakan betapa bagusnya Danau Toba dengan panorama yang yang cukup indah dan sejuk.

"Negara kami sangat terkesan dengan Danau Toba,sehingga sangat tertarik untuk menanamkan investasi," kata Wang Yi.
Untuk itu,kata Wang Yi, untuk memberhasilkan kerjasama investasi, akan bertemu dengan Presiden Jokowi, di Jakarta besok.

Usai mengunjungi Del, Wang Yi dan Menko Maritim dan Investasi Luhut, masih menginap malam ini di Parapat dan besok,Rabu pagi akan mengunjungi Kaldera Toba di Sibisa.(mnl/t)
Foto: Menko Maritim dan Investasi Luhut B Panjaitan, Menlu China Wang Yi bersama Bupati di kawasan Danau Toba seusai mengunjungi sekolah SMA Unggulan Del Situama, Selasa siang (12/1).